Jakarta (ANTARA News) - Pelita Jaya EMP Jakarta memastikan diri menjadi juara Divisi Putih Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2017 setelah mengalahkan Pacific Caesar Surabaya dengan skor 70-61 pada lanjutan Seri VIII.

Dipantau dari laman IBL, dalam laga di GOR C-Tra Arena, Bandung, Jawa Barat, Minggu, pemain asing Martavious Irving menjadi bintang di Pelita Jaya dengan menorehkan 23 poin, enam rebound dan dua assist.

Sementara di kubu Pacific Caesar, Kevin Loiselle menjadi bintang dengan membuat 18 poin, 19 rebound dan empat assist.

Kemenangan itu membuat Pelita Jaya, sebagai juara divisi, berhak melangkah langsung ke babak empat besar atau "final four".

Anak-anak asuh Johanis Winar akan menghadapi pemenang antara peringkat kedua Divisi Putih W88.News Aspac Jakarta dan peringkat ketiga divisi yang sama, Pacific Caesar Surabaya pada 7-10 April 2017 yang diselenggarakan di GOR C-Tra Arena, Bandung.

Pada laga melawan Pacific, Pelita Jaya tidak bisa memainkan center asint andalan mereka Kore White karena sanksi "rejected" yang diterima pada laga melawan Hangtuah Sumsel, Sabtu (18/3).

Sanksi itu adalah larangan bertanding selama dua pertandingan. Artinya White tidak bisa bertanding pada laga pertama empat besar.

"Kami belajar banyak dari laga hari ini. Semoga bisa juga melewati laga berikutnya yang masih tanpa White," ujar Kapten Pelita Jaya, Ponsianus Nyoman Indrawan.

Sementara Pacific Caesar menyesal tidak bisa memanfaatkan ketiadaan White. Menurut pelatih Pacific, Bisih, timnya terlalu banyak bermain individual.

Dia mengeluhkan Kevin Loiselle yang selalu berusaha menerobos pertahanan lawan sendirian walau pemain Pacific lain terbuka untuk menembak tiga angka.

"Kami bermain jelek, terutama saat menyerang. Tidak percaya pada teman sendiri," tutur Bisih.

(M054/N002)

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017