Jumat, 24 Maret 2017

UIN Yogyakarta tingkatkan publikasi ilmiah melalui "postdoctoral"

| 3.815 Views
id publikasi ilmiah, postdoktoral, uin sunan kalijaga
UIN Yogyakarta tingkatkan publikasi ilmiah melalui
Ilustrasi Jurnal Ilmiah (gratisography.com)
Yogyakarta (ANTARA News) - Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta berupaya meningkatkan publikasi ilmiah di jurnal internasional melalui program beasiswa "postdoctoral".

"Melalui program yang kami beri nama Sunan Kalijaga Postdoctoral Research itu diharapkan jumlah publikasi ilmiah dapat ditingkatkan," kata Rektor UIN Sunan Kalijaga Yudian Wahyudi di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, program beasiswa "postdoctoral" itu tidak hanya untuk dosen UIN Sunan Kalijaga tetapi juga terbuka untuk dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) lain dan dosen asing.

"Untuk mengikuti program beasiswa postdoctoral itu masing-masing dosen, baik dari UIN Sunan Kalijaga maupun dosen PTKIN lain dan dosen asing diwajibkan menulis minimal lima publikasi ilmiah di jurnal internasional," katanya.

Dengan demikian, kata dia, jika setiap tahun ada 10 dosen UIN Sunan Kalijaga yang mengikuti program beasiswa "postdoctoral" itu, akan ada 50 publikasi ilmiah dari UIN Sunan Kalijaga. Hal itu akan mendongkrak reputasi UIN Sunan Kalijaga di kancah internasional.

Ia mengatakan, program beasiswa "postdoctoral" itu tidak hanya diminati dosen UIN Sunan Kalijaga, tetapi juga dosen PTKIN lain. Bahkan sejumlah dosen asing juga tertarik terhadap program beasiswa riset tersebut.

Pada 2016, menurut dia, ada delapan dosen UIN Sunan Kalijaga dan tiga dosen asing yang masing-masing berasal dari Amerika Serikat, Australia, dan Jerman mengikuti program beasiswa "postdoctoral" tersebut.

"Kami juga telah menandatangani nota kesepahaman dengan 16 PTKIN di Indonesia, yang akan menitipkan dosen mereka untuk mengikuti program beasiswa postdoctoral tersebut," katanya.

Ia mengatakan, UIN Sunan Kalijaga menerima dosen dari PTKIN lain maupun dosen asing dalam program beasiswa tersebut tidak ada ruginya, karena mereka pasti menuliskan nama UIN Sunan kalijaga dalam publikasi ilmiah mereka.

"Hal itu akan menjadikan UIN Sunan Kalijaga semakin dikenal dan diperhitungkan di kancah internasional. Upaya itu merupakan wujud keseriusan kami untuk menjadi universitas kelas dunia," kata Yudian.

(B015/R010)

Editor: Ruslan Burhani

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar Pembaca
Baca Juga