Senin, 25 September 2017

Mantan Presiden Korea Selatan minta maaf kepada rakyat

| 4.814 Views
Mantan Presiden Korea Selatan minta maaf kepada rakyat
Presiden Korea Selatan Park Geun-hye (REUTERS/Lee Jung-hoon/Yonhap )
Seoul, Korea Selatan (ANTARA News) - Presiden terguling Korea Selatan Park Geun-hye meminta maaf kepada negara dan rakyatnya, hari ini, begitu tiba di kantor kejaksaan untuk ditanyai sebagai tersangka kejahatan dalam penyelidikan kasus korupsi yang sudah membuatnya terpental dari jabatan presiden.

"Saya meminta maaf kepada rakyat. Saya akan jujur bekerja sama dengan penyelidikan," kata Park di depan media massa saat melangkah ke gedung kejaksaan. Ini adalah komentar publik pertamanya sejak dia dimakzulkan pada 10 Maret.

Park (65) menjadi presiden terpilih secara demokratis pertama di Korea Selatan yang jatuh setelah Mahkamah Konstitusi memperkuat pemakzulan oleh parlemen Desember tahun lalu.

Dia dituduh berkolusi dengan seorang teman bernama Choi Soon-sil untuk memaksa perusahaan-perusahaan besar menyumbang kepada dua yayasan yang mendukung inisiatif-inisiatif kebijakannya.

Park sendiri membantah telah berbuat salah dan tidak didakwa atas kasus ini. Choi juga membantah berbuat salah.

Namun Park kehilangan hak imunitasnya sebagai presiden ketika dia dimakzulkan dan dia terancam dipenjara 10 tahun jika terbukti menerima suap dari konglomerat-konglomerat besar, termasuk dari bos Samsung Group Jay Y. Lee, demikian Channel News Asia.

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga