London - Ooreedoo International Group (OIG), yang menjadi sponsor Lionel Messi, berupaya memenuhi permintaan delegasi DPR RI guna mendatangkan pesepakbola kelas dunia dari Argentina dan bermain di klub Barcelona Spanyol itu dapat datang ke Indonesia pada tahun ini.

Bahkan, Pejabat Eksekutif Teringgi (CEO) OIG Waleed Muhammad Al A Sayeed dalam pertemuan dengan delegasi parlemen RI dipimpin Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di Doha menyatakan Messi diharapkan mampu mengingkatkan kerja sama dan promosi sepakbola Indonesia, demikian keterangan Minister Counsellor Kedutaan Besar RI Doha, Boy Dharmawan, kepada ANTARA News, Selasa.

Dalam pertemuan yang dihadiri Duta Besar RI untuk Qatar Muhammad Basri Sidehabi itu, Waleed Sayeed menyatakan bakal mengupayakan Indonesia termasuk salah satu dari tiga negara yang akan menjadi tujuan promosi internasional Lionel Messi selama 2017.

Sayeed memberikan komentar tersebut untuk menanggapi permintaan anggota DPR Nasril Bahar, agar OIG dapat berperan serta untuk membantu kemajuan sepakbola di Indonesia. Apalagi, menurut Sayeed, Lionel Messi turut pula mempromosikan ajang Piala Dunia FIFA 2022 di Qatar.

Anggota Parlemen RI juga mendapatkan informasi pengembangan investasi OIG di Indonesia, khususnya untuk kawasan luar pulau Jawa. Ooerdoo termasuki perusahaan telekomunikasi yang telah memperoleh tempat di hati rakyat Indonesia karena berperan dalam kemajuan industri telekomunikasi digital.

Saat ini Ooreedoo memiliki lebih dari 80 juta pelanggan di Indonesia dengan sekira 4.000 karyawan, dan memperoleh penghargaan sebagai perusahaan yang paling inovatif di Asia.

Agus Hermanto dalam kesempatan itu menegaskan komitmen Indonesia untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif agar dapat menjadi tujuan investasi dan dapat memperbanyak menyerap tenaga terampil Indonesia untuk bekerja di Qatar.

Ia mengungkapkan pula bahwa pertemuan DPR dengan OIG merupakan prakarsa mantan Duta Besar Qatar untuk RI, Mohammed Khater Al-Khater, yang menginformasikan kinerja positif OIG.

Sementara itu, Dubes Basri Sidehabi menyambut baik kunjungan delegasi Parlemen RI dipimpin Wakil Ketua DPR, khususnya menjelang rencana kunjungan Emir Qatar ke Indonesia pada akhir tahun ini.

Purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Udara dan mantan anggota DPR itu memaparkan pula bahwa Qatar aktif dalam melakukan investasi di Indonesia yang mencakup berbagai sektor, antara lain telekomunikasi, perbankan, pertambangan, perhotelan, pertanian dan pembangkit listrik.

Ia mengemukakan pula, badan usaha milik negara Qatar, Nebras Power, juga memiliki saham PT Paiton Energy di Jawa Timur senilai 1,3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) pada akhir Desember 2016. Nebras Power juga akan membangun pembangkit listrik di Belawan, Sumatra Utara, senilai 750 juta dolar AS.

Delegasi DPR juga melakukan pertemuan dengan Mohammed Bin Johar Al-Mohammad, Vice Chairman dan Managing Director Retaj Group, salah satu perusahaan Qatar yang inin membangun hotel Islami di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Delegasi parlemen RI yang kunjungan kerja ke Qatar adalah Agus Hermanto (Partai Demokrat/PD), Didik Mukrianto (PD), Muhammad Syamsul Luthfi (PD), Wahyu Sanjaya (PD), Zulfikar Achmad (PD), Hartanto Edie Wibowo (PD), Siti Hediati Hariyadi (Golkar), Nasril Bahar (PAN) dan Mukhlisin (PPP).

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017