Jakarta (ANTARA News) - Sutradara Hanung Bramantyo mempersembahkan film “Kartini” untuk para kaum lelaki meski pahlawan yang selalu diperingati tiap 21 April itu merupakan ikon untuk perempuan Indonesia.

“Pas bikin film, saya jadi paham bagaimana harus memperlakukan perempuan, bagaimana maunya perempuan,” kata Hanung dalam peluncuran soundtrack “Kartini” di Jakarta, Selasa.

Maka, ia ingin para lelaki lain juga bisa semakin memahami perempuan melalui film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini.

Ini adalah film pertama Hanung yang mengangkat tema pahlawan perempuan. Hanung menyelami banyak referensi pustaka untuk mendalami kehidupan Kartini. 

Agar plot tidak melebar kemana-mana, Hanung memutuskan untuk fokus pada perjuangan perempuan itu sejak menginjak remaja pada usia 14 tahun hingga menginjak 22 tahun kemudian dinikahkan.

Hanung memutuskan membuat “Kartini” dari sudut pandang yang belum diketahui orang banyak. 

"Kartini" akan tayang pada April mendatang dibintangi juga oleh Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita Nugroho, Denny Sumargo, Djenar Maesa Ayu, Dwi Sasono dan Nova Eliza.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017