Jakarta (ANTARA News) - Dokter Achmad Mediana, SpOG, mengatakan, kehamilan yang sehat adalah kehamilan yang direncanakan sejak sebelum terjadi pembuahan. Karena itu, sebaiknya setiap pasangan memiliki kesepakatan kapan akan berencana memiliki anak.

"Perencanaan kehamilan ini bukan sekedar menyiapkan secara psikis bagi seorang ibu tetapi sekaligus juga buat suami," kata Achmad Mediana melalui siaran pers Siloam Hospital Asri, Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu (22/3).

Achmad mengatakan, suami maupun istri memiliki tanggung jawab untuk sama-sama membuat pembuahan menjadi lebih berkualitas.

Beberapa perencanaan dan persiapan yang harus dilakukan oleh pasangan antara lain berhenti merokok, minum alkohol, nikotin dan kopi minimal 3 bulan sebelum berencana hamil. Larangan ini berlaku baik untuk suami maupun istri.

Sesi kedua dalam seminar ini dengan materi Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak yang disampaikan oleh dokter spesialis anak, dr. Alinda Rubi, SpA (K). Materi tersebut akan menyajikan skema pemantauan tumbuh kembang, faktor pendukung tumbuh serta aplikasi pendukung.

Siloam Asri bersama Applicative Medical Care System (AMS) menyelenggarakan Seminar Ibu Hamil dengan tema "Mempersiapkan Kehamilan yang Sehat untuk Generasi yang Hebat." Tema tersebut diusung bagi pasangan yang merencanakan kehamilan dan juga pasangan yang sudah menikah.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017