Jakarta (ANTARA News) -Konser musik bertajuk "Indonesia Harmoni - Merangkai Musik Indonesia" segera digelar pada Sabtu (25/3) di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta.

Konser yang akan menampilkan sejumlah penyanyi lintas genre dan generasi antara lain Gita Gutawa, Once Mekel, Rio Febrian, Nania Idol dan penyanyi cilik Naura itu dikatakan sebagai bentuk peragaan perbedaan Indonesia dalam satu harmoni.

"Konser ini menunjukkan bahwa membicarakan kebhinekaan tidak harus dalam diskusi yang serius tapi bisa dituangkan dalam bentuk seni," kata Yohana Elizabeth Hardjadinata, Ketua Pelaksana sekaligus CEO Tulip Cipta Kreasi, dalam temu media di Jakarta, Kamis.

Yohana mengatakan konser tersebut berawal dari forum diskusi di UNJ dan UIN di mana dia bersama Setiabudi Nurdin Ace menemukan konsep bari yang ingin diangkat.

Awalnya, dia mengaku ingin mengangkat danau Toba berkaitan dengan kemaritiman Indonesia, namun melihat situasi saat ini dia ingin mengembalikan Indonesia "diakurkan kembali", begitu sebut dia, dalam musik.

Konsep yang digawangi oleh Viky Sianipar Ethnic Ensembel dan diarahkan oleh Ari Tulang tersebut diharap dapat menyebarkan pesan persatuan Indonesia.

"Indonesia ini bukan cuma buat kita tapi buat generasi mendatang. Ada proses panjang agar kita menjaga Indonesia lebih baik," ujar Ari Tulang.

"Saya sangat setuju seni sebagai bentuk ekspresi, mengekspresikan nada tanpa bersuara. Selain terhibur, penonton juga dapat melihat Indonesia ternyata kaya lho. Dan, banyak yang bisa diangkat lebih untuk mengajar banyak hal," lanjut dia.

Konsep konser Sebagai salah satu penampil di konser tersebut, penyanyi Gita Gutawa mengaku senang dapat menyanyikan lagu nasional dan lagu-lagu bertemakan ke-Indonesia-an.

"Senang enggak menyanyikan lagu sendiri. Saya juga menyanyikan lagu legend terkenal di sini ada lagu "Seni" karya Guruh Soekarno Putra, lagu "Citra", dan lagu kolaborasi Koesplus juga medley sama Once, Nania, Rio," ujar Gita Gutawa.

Dimulai pada pukul 19.00 WIB, Ari Tulang mengatakan bahwa konser tersebut akan berlangsung selama dua jam dengan dua babak. Babak pertama selama 60 menit, kemudian istirahat selama 15 menit, dilanjutkan dengan babak kedua selama 45 menit.

"Saya menggarapnya bagaimana konser musik ini punya makna yang berbeda dengan konser musik lainnya," kata Ari Tulang.

Akan ada empat segmen. Segmen pertama akan dibuka oleh Naura yang membawakan "Ibu Pertiwi". Segmen selanjutnya akan menghadirkan Once Mekel.

"Akan ada beberapa tarian. Enggak banyak, hanya memberi nuansa bahwa Indonesia kaya tidak hanya musik tapi juga seni dan budaya," ujar Ari Tulang.

Kemudian, Rio akan membawakan lagu medley Ismail Marzuki tentang perempuan Indonesia. Disambung dengan penampilan Gita Gutawa dan Nania. Mereka kemudian direncanakan melakukan kolaborasi.

"Segmen selanjutnya tentang bagaimana seni bisa menyatukan. Empat orang ini berbeda suaranya tapi ketika bernyanyi mereka justru menimbulkan harmoni," kata Ari Tulang.

Konser tersebut diharap mampu memperlihatkan keberagaman Indonesia lewat seni. Lebih dari itu, dapat membuktikan bahwa Indonesia tempat yang harmonis dan ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia tempat yang aman untuk dikunjungi.

"Mudah-mudahan bisa membawa sesuatu yang positif. Mengembalikan semangat nasionalisme juga terhadap Indonesia," ujar Gita Gutawa.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017