Sibolga (ANTARA News) - Dalam pemikiran Presiden Joko Widodo, investasi bukan hanya urusan pembangunan infrastruktur saja, tapi ada yang lebih penting, yakni investasi sumber daya manusia (SDM) untuk wujudkan visi besar menuju Indonesia Emas di 2045.

Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Bey Machmudin dalam siaran persnya, Kamis, mengatakan program bantuan sosial nontunai adalah bentuk investasi untuk menghasilkan SDM yang produktif, agar pada tahun 2025-2030 saat di mana Indonesia mendapatkan bonus demografi yang besar menjadikan keuntungan, bukan menjadi beban bagi negara.

Bonus demografi harus dimanfaatkan dengan mempersiapkan SDM yang produktif sehingga bonus demografi memberikan keuntungan bagi bangsa Indonesia.

Apalagi bila mengingat visi besar menuju Indonesia Emas di tahun 2045, di mana pada tahun tersebut, PDB Indonesia diperkirakan mencapai 9,1 triliun dolar AS atau setara dengan Rp120 ribu triliun dan pendapatan per kapita berada pada 29 ribu dolar AS, saat ini masih 3.250 dolar AS.

Oleh sebab itu, dalam setiap kunjungannya ke daerah, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo selalu meluangkan waktu untuk menyerahkan bantuan sosial nontunai, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP), Pemberian Makanan Tambahan (PMT), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Seperti yang dilakukan saat ini ketika berkunjung ke Batam, Kamis, setelah meninjau bendungan Sei Gong, Presiden menyerahkan KIP, PMT, PKH dan KIS di Kantor Kecamatan Galang, Kota Batam.

Sebanyak 807 pelajar dari tingkatan SD hingga SMA/SMK dari Kecamatan Galang dan Kecamatan Sagulung menerima langsung bantuan KIP dari pemerintah.

Presiden berpesan agar bantuan KIP hanya untuk keperluan pendidikan dan sekolah, seperti membeli buku, membeli sepatu, membeli tas, membeli seragam sekolah, atau untuk membayar sesuatu yang berhubungan dengan sekolah.

"Jangan untuk membeli pulsa. Kalau ketahuan untuk membeli pulsa kartunya dicabut," ucap Presiden.

Kepala Negara juga menyerahkan sebanyak 132 KIS kepada warga dari Kecamatan Galang dan 528 Keluarga Penerima Manfaat dari 3 Kelurahan yaitu Kelurahan Sijantung, Kelurahan Rempang, Kelurahan Sembulang.

Tak lupa sejumlah sepeda diberikan kepada masyarakat yang yang berhasil menjawab pertanyaan dari Kepala Negara. Sebelum berpisah, Presiden Joko Widodo menyempatkan diri menghampiri masyarakat yang hadir di acara dan juga di sekitar lokasi acara.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo dalam kegiatan tersebut di antaranya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun dan Walikota Batam Muhammad Rudi.

(J008/C004)

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017