Sidoarjo (ANTARA News) - Bandara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur berencana menambah "slot" penerbangan dari 33 penerbangan setiap jam bertambah menjadi 35 penerbangan dalam setiap jamnya.

General Manager PT Angkasa Pura I Juanda, Yuwono di kantornya, Kamis mengatakan, penambahan slot penerbangan tersebut sejalah dengan adanya renovasi dan perbaikan yang dilakukan di lingkungan Bandara Internasional Juanda.

"Kalau bandara lain slot 33 itu mungkin sudah padat, tetapi kalau di Juanda Surabaya ini masih cukup memungkinkan, dan kemungkinan penambahan rute penerbangan masih bisa dilakukan," ucapnya.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya sudah melaksanakan beberapa persiapan untuk penambahan slot traffic penerbangan tersebut.

"Salah satu di antaranya adalah taxi way, aprron, dan juga landasan pacu yang saat ini terus dilakukan perbaikan," tuturnya.

Ia menjelaskan, penambahan slot tersebut sudah termasuk dalam penerbangan untuk jalur insidentil dan juga "VIP".

"Sudah masuk dalam perhitungan tersebut, sehingga sangat memungkinan adanya penambahan rute baru penerbangan ini," jelasnya.

Sebelumnya, di Bandara Juanda dilaksanakan penerbangan perdana rute baru jurusan Surabaya-Lampung dari maskapai Sriwijaya Air.

Dalam penerbangan yang ditempuh dengan waktu 1,5 jam tersebut akan dilaksanakan setiap hari dengan waktu pemberangkatan pukul 11.50 WIB dari Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"Pada penerbangan perdana kami mengangkut 133 penumpang atau 90 persen tempat duduk yang kami jual dan target kami 85 persen setiap harinya," katan Distrik Manager Sriwijaya Grup Surabaya Hendrik Ardiansyah.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017