Beijing (ANTARA News) - China menang 1-0 atas Korea Selatan (Korsel) pada Kamis untuk menjaga harapan mereka lolos ke Piala Dunia tahun depan tetap terjaga, di mana mereka meraih kemenangan keduanya atas rivalnya tersebut di Asia.

Penyerang Bejing Guoan Yu Dabao mencetak gol semata wayang pada menit ke-34 untuk mengamankan kemenangan perdana China pada fase kualifikasi saat ini untuk putaran final di Rusia tahun depan.

China, yang menghuni peringkat kedua dari bawah di Grup A, kini mengumpulkan lima angka dari enam pertandingan, tertinggal lima angka dari tim peringkat kedua Korsel.

Dua tim teratas dari kedua grup kualifikasi Asia melaju otomatis ke putaran final, sedangkan tim-tim yang menghuni peringkat ketiga memasuki seri playoff.

"Kami harus menjaga harapan-harapan kami lolos ke Piala Dunia tetap hidup," kata pelatih China Marcello Lippi kepada para pewarta.

"Jika kami imbang atau kalah, kami tidak akan memiliki peluang."

"Sekarang kami harus mengurangi selisih terhadap tim peringkat kedua dari tujuh angka menjadi lima angka, namun kami perlu memenangi lebih banyak pertandingan untuk dapat bermain di Piala Dunia."

Kemenangan sebelumnya China atas Korsel terjadi di Tokyo pada Piala Asia Timur 2010, namun kemenangan ini -- di depan para penonton yang memadati Stadion Helong -- jauh lebih signifikan.

Tekanan ada pada tim asuhan Lippi untuk tampil dengan penampilan bagus, menyusul belanja pemain-pemain dengan harga tinggi yang dilakukan klub-klub China.

China, yang sebelumnya baru pernah satu kali tampil di Piala Dunia pada 2002, memiliki peluang-peluang yang lebih baik pada awal pertandingan meski Korsel mendominasi penguasaan bola, di mana bek Guangzhou Evergrande Zhang Linpeng kerap bergerak ke depan untuk menimbulkan masalah bagi lini belakang tim tamu.

Sepakan Zhang pada menit ke-34 terdefleksi dan melebar dan dari tendangan sudut yang dihasilkan China mencetak gol, ketika Yu meneruskan bola kiriman Wang Yongpo ke sudut bawah gawang dengan sundulannya.

Korsel, yang selalu lolos ke Piala Dunia sejak 1986, berupaya menyamakan kedudukan pada babak kedua dan kiper China Zeng Cheng tampil baik untuk menggagalkan sepakan-sepakan jarak jauh dari gelandang Swansea Ki Sung Yeung.

Ia juga menggagalkan tandukan dari Ji Dong Won ketika tim tuan rumah mampu mempertahankan kemenangan untuk mendulang tiga angka, demikian Reuters.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017