Kuala Lumpur (ANTARA News) - Kandidat-kandidat yang bertarung untuk memperebutkan empat kursi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) tersisa di dewan FIFA dinyatakan dapat mengikuti pemilihan suara oleh badan sepak bola dunia, kata AFC pada Jumat.

Empat kandidat yang sukses di kongres AFC di Bahrain akan mewakili Asia di badan itu bersama wakil presiden asal Bahrain Sheikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, juga merupakan ketua AFC, dan anggota-anggota dari Jepang dan Malaysia.

Empat spot tersisa mencakup satu kursi untuk perempuan.

Moya Dodd asal Australia, yang sebelumnya merupakan anggota bersama Komite Eksekutif FIFA yang lama, akan menggantikan Mahfuza Ahkter asal Bangladesh, Han Un Gyong asal Korea Utara, dan Susan R.A. Shalabi asal Palestina.

Sekretaris jenderal Asosiasi Sepak Bola China Zhang Jian, Mong Gyu Ching dari Korea Selatan, Sheikh Ahmad Al Fahad asal Kuwait, dan Mariano V.Arantea Jr. dari Filipna akan bertarung untuk tiga spot tersisa.

Presiden Dewan Olimpiade Asia Sheikh Ahmad, yang mengepalai komite-komite Asosiasi Olimpiade Nasional dan merupakan anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC), saat ini menduduki posisi Dewan FIFA, yang masa kerjanya akan berakhir pada Mei.

Dewan FIFA menggantikan Komite Eksekurif ketika badan pembuat keputusan di FIFA itu menjalani reformasi institusi akibat skandal korupsi 2015 yang menghantam badan sepak bola dunia itu.

September silam, kongres luar biasa AFC, meminta diselenggarakannya pemilihan untuk Dewan FIFA, yang ditunda karena didiskualifikasinya kandidat asal Qatar. Demikian laporan Reuters.

(Uu.H-RF/D011)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017