Dengan turunnya perbankan ke dunia pertanian secara konkret, maka bisa mendapatkan hasil yang nyata dan konkret."
Sarilamak (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengapresiasi program Akselerasi, Sinergi, Inklusi (AKSI) Pangan yang diluncurkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), termasuk di wilayah Sumbar.

"Dengan turunnya perbankan ke dunia pertanian secara konkret, maka bisa mendapatkan hasil yang nyata dan konkret," ujarnya saat peluncuran Program AKSI Pangan OJK di Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar, Jumat.

Ia menilai program AKSI Pangan OJK telah memberikan arahan kepada seluruh lembaga keuangan, baik perbankan maupun non-perbankan, untuk ikut serta membantu petani.

Program tersebut, dinilainya sangatlah cocok karena Sumbar adalah provinsi agraris yang hampir 50 persen masyarakatnya bergerak pada sektor pertanian.

Kemudian, ia mengemukakan, sebagian besar aktivitas di daerah itu arahnya ke sektor pertanian serta Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumbar 23,08 persen juga dalam sektor pertanian.

Oleh karena itu, ia pun menyatakan bahwa program AKSI Pangan OJK akan berdampak langsung kepada masyarakat Sumbar.

Ia menyatakan keterlibatan lembaga keuangan dapat membantu pembiayaan bagi petani yang nantinya akan mewujudkan ketahanan pangan sebagaimana Nawacita kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla (JK).

Keterlibatan perbankan membantu petani tidak hanya pada program AKSI Pangan OJK, ditambahkan Irwan Prayitno, karena sebelumnya juga ada Triarga Model yang memberikan modal untuk beternak sapi dan asuransi untuk ternaknya.

Pewarta: MR Denya Utama
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2017