Kuala Lumpur (ANTARA News) - Kapolri Jendral Tito Karnavian turut menghadiri upacara Hari Polisi Malaysia (Polisi Diraja Malaysia) ke-210 yang berlangsung di Dataran Kawad Pulapol Jalan Semarak Kuala Lumpur, Sabtu.

Upacara yang dihadiri Perdana Menteri Malaysia, Dato Sri Najib Razak, Wakil Perdana Menteri, Zahid Hamidi dan Kepala Polisi Diraja Malaysia, Irjen Tan Sri Dato Sri Khalid Abu Bakar turut dihadiri perwakilan kepolisian dari ASEAN dan Srilangka.

Pada kesempatan tersebut Kapolri didampingi sejumlah pejabat Polri diantaranya Kadiv Humas Polri Irjen Pol Drs Boy Rafly Amar.

Perdana Menteri Dato Sri Najib Razak dalam sambutannya mengatakan sejarah telah menunjukkan kalau jasa Polisi Diraja Malaysia (PDRM) sangat besar sekali terhadap rakyat sehingga perlu diperingati.

"Mereka rela mengorbankan diri demi keamanan bangsa dan negara. Kita ingat peristiwa di Balai Polisi Kepong kemudian peristiwa di Lahat Datu dimana PDRM dan telah mempertahankan Sabah dari pencoroboh dan durjana," katanya.

Karena itu, ujar Najib, dirinya sedih kalau ada pihak yang membuat cerita palsu yang memojokkan polisi.

"Kerajaan (pemerintah) akan berdiri teguh di belakang PDRM," katanya.

Pada kesempatan tersebut Najib juga menjelaskan kondisi ekonomi Malaysia yang menghadapi tantangan ekonomi global dan sejumlah terobosan yang sudah dilakukannya.

"Kita sudah mendirikan zone ekonomi digital yang mampu mewujudkan pekerjaan baru, lawatan Raja Salman juga membawa investasi Aramco ke Malaysia," katanya.

Sebagai pelancong, ujar dia, mereka tidak akan melancong kalau keamanan dan keselamatan negara tidak terjamin seperti Mesir dan Tunisia yang sekarang lumpuh yang selama ini mengandalkan wisata.

Sementara itu siang harinya Kapolri melakukan courtesy call dengan Kepala Polisi Diraja Malaysia, Irjen Tan Sri Dato Sri Khalid Abu Bakar di Putrajaya.

Pada kesempatan tersebut bakal diserahkan penghargaan kepada sejumlah polisi di Indonesia.

Mereka yang mendapatkan penghargaan adalah Kombes Polisi Herry Heriawan SIK MH, Ajun Kombes Pol Raden Bagoes Wibisono SIK, Ajun Komisaris Polisi Malvino Edward SH SIK, Kompol Teguh Nugroho SH SIK MIK, Ajun Kompol Chrisman Panjaitan, Ajun Kombes Pol Jery Raymond Siagian SIK MSI, Ajun Kombes Pol Dedy Murti SIK MSI, Kompol Ari Cahya, Ajun Kombes Pol Aris Supriyono SIK MSI, Kombes Pol Helmy Santika SIK MSI, Ajun Kompol Rivan Richard SIK MSI

Kemudian malam harinya Kapolri dijadwalkan bertemu dengan WNI yang tergabung dalam Diaspora Indonesia.

Pewarta: Agus Setiawan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017