Jakarta (ANTARA News) - Pebalap tim Red Bull mengaku ia dikejutkan dengan oversteer yang terjadi dan membuatnya tergelincir ke pembatas jalan sehingga tersingkir dari fase terakhir babak kualifikasi GP F1 Australia, Sabtu.

Sebelumnya, Ricciardo terlihat cukup bisa menjaga performanya saat menduduki peringkat kelima pada fase kedua kualifikasi, namun mengalami kecelakaan yang menguburkan peluangnya menduduki pole position.

Akibatnya, Ricciardo kemungkinan memulai balapan besok dari urutan ke-10, yang merupakan tempat terbuncitnya di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, sejak 2013 silam, namun bukan tidak mungkin ia memulai dari urutan lebih buncit jika mesin RB13 tunggangannya membutuhkan pergantian gearbox.

"Secara fisik saya baik-baik saja, secara emosional tentu saja saya sedikit kecewa," kata Ricciardo sebagaimana dilansir laman resmi F1.

"Itu sudah terjadi. Saya harus berusaha berpikir positif, bahwa setidaknya itu tidak terjadi di fase pertama kualifikasi," katanya menambahkan.

Ricciardo menyayangkan situasi kacau yang terjadi di lap pertama fase ketiga kualifikasi, yang mengejutkannya.

"Kami melakukan langkah besar di fase kedua, semuanya terlihat baik-baik saja, namun di (lap pertama) fase ketiga ada sedikit kekacauan dan saya tidak siap di Tikungan ke-14, tiba-tiba saja terjadi," ujarnya.

"Saya masuk ke tikungan, dan bagian belakang di luar kendali, dan sayangnya tidak ada cara untuk menyelamatkan itu," katanya menambahkan.

Sementara itu, pebalap setim Ricciardo, Max Verstappen, yang akan memulai balapan dari urutan kelima, menyangsikan timnya dapat memperoleh posisi lebih dari lima besar pada GP F1 Australia.

"Kami tidak memiliki kecepatan untuk menantang Mercedes atau Ferrari. Jadi saya hanya mengharapkan start yang baik, dan mungkin sesudah itu saya akan menjalani balapan yang sepi," katanya.


Pebalap Mercedes Lewis Hamilton berada di pole position setelah mencatatkan waktu putaran terbaik 1 menit 22,188 detik, diikuti Sebastian Vettel (Ferrari) di urutan kedua, Valtteri Bottas (Mercedes) urutan ketiga dan Kimi Raikkonen (Ferrari) di tempat keempat.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017