Doha (ANTARA News) - Pihak penyelenggara MotoGP akhirnya membatalkan sesi kualifikasi untuk seri balap perdana di Sirkuit Losail Qatar menyusul hujan deras dan angin kencang yang membuat sejumlah titik lintasan tergenang air.

Untuk menggantikan sesi kualifikasi, penyelenggara MotoGP menentukan posisi pole untuk balapan berdasarkan perhitungan waktu selama sesi latihan bebas (free practice).

Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, pun dipastikan akan membalap dari posisi terdepan berdasarkan hasil latihan bebas disusul pebalap Suzuki Ecstar, Andrea Iannone, dan juara bertahan Marc Marquez dari Repsol Honda.

Vinales pun akan melakoni pole pertamanya untuk tim Yamaha pada balap yang menurut rencana akan digelar besok.

Johann Zarco dari Yamaha Tech 3, Andrea Dovizioso dari Ducati Team dan Scott Redding dari Octo Pramac Racing akan berada di urutan empat hingga enam.

Barisan ketiga (posisi tujuh hingga sembilan) ada Dani Pedrosa dari Repsol Honda, Jonas Folger dari Yamaha Tech 3 dan Cal Crutchlow dari LCR Honda.

Sedangkan juara MotoGP sembilan kali, Valentino Rossi, akan memulai balap dari posisi 10, bahkan Jorge Lorenzo yang pindah ke Ducati akan memulai dari posisi 12, demikian laman resmi MotoGP.

Pewarta: Alviansyah P
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017