London (ANTARA News) - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, telah menunjuk kiper Torino, Joe Hart, sebagai kapten The Three Lions pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Lithuania.

Hart, yang berstatus pemain pinjaman dari Manchester City, akan memimpin Inggris tampil di Wembley pada Minggu. Southgate tidak memilih bek Chelsea, Gary Cahill, yang menjadi kapten saat Inggris dikalahkan Jerman pada pertengahan pekan ini.

Penunjukkan ini menjadi dorongan moral bagi Hart yang didepak ke Torino oleh pelatih Man City, Pep Guardiola, pada awal musim ini.

Pemain berusia 29 tahun itu sebenarnya pernah menjabat kapten Inggris pada beberapa kesempatan sebelumnya. Hart berkesempatan merebut posisi kapten permanen Inggris menyusul absennya Wayne Rooney akibat cedera dan kurangnya waktu bermain di Manchester United.

"Joe adalah pemain kami dengan penampilan internasional yang banyak. Dia menunjukkan kematangan lewat caranya bangkit dari kekecewaan pada musim panas lalu," kata Southgate kepada wartawan, dilansir dari AFP, Sabtu.

"Ini saat yang tepat baginya. Dia bermain baik bersama klub dan penampilannya untuk kami sangat baik," lanjut Southgate.

"Beberapa orang akan mempertanyakan bagaimana seorang kiper menjadi kapten, tapi saya melakukannya dengan Jack Butland di timnas U-21," kata dia.

Berbeda dengan pelatih Inggris sebelumnya yang menetukan kapten secara permanen, Southgate lebih memilih untuk menunjuk kapten sementara dalam setiap pertandingan.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017