Palu (ANTARA News) - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof Suwito menyatakan bahwa banyak syarat yang harus dipenuhi oleh para doktor di perguruan tinggi keagamaan Islam negeri untuk menjadi guru besar.

"Menjadi guru besar banyak proses, tahapan dan syarat yang harus dipenuhi oleh para doktor," kata Prof. Suwito saat menyampaikan materi pada Bimtek pengusulan doktor menjadi guru besar dilaksanakan oleh Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Palu di Mercure Hotel, akhir pekan ini.

Prof Suwito menguraikan para doktor harus memiliki angka kredit pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat serta penunjang tri dharma.

"Ada presentasi dari tiap-tiap angka kredit tersebut mulai dari 10 persen - 45 persen, dan itu harus di penuhi oleh para doktor," katanya.

Syarat lain, sebut dia, doktor harus memiliki sertifikat pendidikan, memiliki karya ilmiah yang dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi sebagai penulis pertama.

Ia menjelaskan tema karya ilmiah harus sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh doktor sesuai disiplin ilmu serta memiliki kebaruan atau pengembangan dalam karya ilmiah.

"Nanti ada penilaian karya ilmiah yang diterbitkan pada jurnal, meliputi jurnal internasional bereputasi atau tidak," ujarnya.

Terkait hal itu Ketua Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIN Palu, Ramang mengatakan IAIN Palu telah memiliki tiga belas doktor yang dipandang layak untuk diusulkan menjadi guru besar.

Ia menjelaskan salah satu syarat untuk diusulkan menjadi guru besar yaitu doktor harus golongan IVc.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017