Ciudad Victoria (ANTARA News) - Kebakaran yang dimulai oleh narapidana di sebuah penjara di Meksiko utara menewaskan sedikitnya tiga tahanan dan menyebabkan satu orang terluka, kata para pejabat pada Sabtu (25/3).

kebakaran itu terjadi beberapa hari setelah 29 tahanan melarikan diri melalui sebuah terowongan.

"Tiga tewas dan satu orang terluka parah karena perselisihan antara narapidana. Penjara di bawah tindakan pengendalian," ujar juru bicara keamanan bagi negara bagian Tamaulipas melalui Twitter.

Kebakaran besar terjadi pada Jumat malam dalam penjara tersebut di ibu kota negara bagian Victoria setelah para narapidana menggelar aksi protes, dengan memulai beberapa pembakaran.

Tamaulipas, yang terletak di ujung selatan negara bagian Texas, adalah sarang dari kejahatan terorganisir karena lokasinya yang strategis di rute perdagangan narkoba ke Amerika Utara.

Negara bagian Meksiko tersebut menjadi tempat yang diperebutkan oleh kartel narkoba Zetas dan Teluk.

Penjara di Ciudad Victoria tersebut adalah salah satu yang paling bermasalah di Meksiko. Narapidana mengendalikan sebagian besar penjara itu dan melakukan praktik "pemerintahan sendiri," bahkan mendirikan beberapa toko di satu daerah, demikian dikutip dari AFP. (hs) 

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017