Bandung (ANTARA News) - Bandung Music Council, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan menggelar "BPJS for Musician" di Butterfield Kitchen Kota Bandung, Minggu.

"Kami para musisi dari Bandung Music Council bersama Bekraf, dan BPJS Kesehatan serta Ketenagakerjaan mensosialisasikan dan memberikan edukasi tentang program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi para musisi melalui acara ini," kata Ketua Bandung Music Council Erlan Effendi.

Erlan mengatakan acara tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihaknya untuk mensejahterakan para musisi, khususnya di Kota Bandung.

"Musisi itu harus terjamin hidupnya, harus terjamin kesehatannya, kesejahteraannya. Dan bisa dikatakan ini adalah acara pertama di Indonesia sebagai pintu masuk untuk mensejahterakan musisi Indonesia," kata dia.

Direktur Akses Perbankan Bekraf Restog K Kusuma menuturkan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman Bekraf dengan BPJS tentang Perlindungan Program BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan bagi para pelaku ekonomi kreatif.

"Kami dan teman-teman di BMC (Bandung Music Council) memelopori kegiatan ini sebagai wujud dukungan kami kepada pelaku ekonomi kreatif sub sektor musik terkait sosialisasi pentingnya BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan," kata Restog.

Ia berharap kedepannya akan lebih banyak lagi musisi yang mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan untuk keringanan biaya ketika sakit, kecelakaan kerja, serta jaminan masa tua.

"Kami ingin mendorong kepada teman-teman pelaku industri kreatif, khususnya para musisi untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan, hari tua, kecelakaan kerja dan jaminan pensiun. Terlebih Kota Bandung adalah pusatnya sejumlah musisi hebat di Indonesia," kata dia.

Sejumlah musisi yang hadir pada acara tersebut adalah Idea Percussion, Rieka Ruslan, Dira Sugandhi, Danny Java Jive dan Noey Java Jive serta anak almarhum Harry Roesli yakni Layala Roesli.

Pada kesempatan tersebut juga hadir Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandung Darmadi dan Kepala Cabang Utama Bandung BPJS Kesehatan dr Herman Dinata M sebagai narasumber pada kegiatan tersebut.

Selain itu, ada sekitar 150 orang yang hadir pada acara ini terdiri dari musisi, pekerja seni, komunitas musik, pebisnis musik, promotor musik, art and visual music, lifestyle music, asosiasi profesi music dan para musisi yang hadir bisa langsung mendaftarkan diri sebagai perserta BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017