Bandung (ANTARA News) - Penyanyi dan pencipta lagu Rieka Roeslan menuturkan masyarakat tak perlu malu untuk mendaftarkan diri sebagai anggota BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, serta menikmati layanan dari program yang dimiliki kedua badan tersebut.

"Menurut saya sekarang itu bukan zamannya atau tak perlu malu menggunakan BPJS, karena keluarga saya ada juga yang menggunakan BPJS. Kalau masih malu pakai BPJS, ya itu mah masalah dia," kata Rieke Roeslan, usai mengisi acara konser musik "BPJS for Musician" di Kota Bandung, Minggu.

Menurut dia, layanan BPJS Kesehatan saat ini sudah bisa digunakan di rumah sakit swasta terkemuka di kota besar seperti Kota Bandung.

"Kemarin bahkan saudara saya melakukan operasi caesar di Rumah Sakit Boromeus bisa. Jadi kenapa kita tidak mempergunakan fasilitas yang ada," kata dia.

Penyanyi yang tergabung dalam band The Groove ini juga menepis anggapan bahwa program yang ada di BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan sulit dan berbelit-belit.

"Tidak juga demikian ya, mungkin dia lagi ngantre dan sakit, mungkin karena itu merebak. Jangan judgement langsung. Apalagi sekarang adanya sosmed (media sosial), informasi cepat sekali menyebar. Intinya kita harus sabar, saya lihat semua diperbaiki kok pelan-pelan. Kita harus sabar," kata dia.

Ia mengatakan menduga adanya informasi yang belum jelas kebenarannya soal BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan menjadi penyebab masyarakat enggan menggunakan fasilitas tersebut.

"Kalau ngantre-ngantre dikit mah wajar, kan yang pakai BPJS banyak. Tapi saya yakin pemerintah terus berupaya memberikan pelayanan maksimalnya dan memperbaiki kekurangan dari BPJS ini," kata dia.

Selain itu, pencipta lagu "Cobalah Untuk Setia" ini berterima kasih kepada Bandung Music Council, Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf ) dan BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mau membantu para musisi untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS.

"Kendala musisi itu sebenarnya lebih ke waktu, seperti saya sekarang nyanyi di sini nanti malam ada jadwal nyanyi juga. Ini kan sulit. Tapi sekarang, alhamdulillah BPJS memberikan kemudahan kepada teman-teman musisi untuk mendaftar jadi anggota," kata dia.


Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2017