Melbourne, Australia (ANTARA News) - Setelah mendapatkan posisi start terdepan pada balapan pembuka Formula 1, pebalap Mercedes Lewis Hamilton harus puas berada di peringkat dua di belakang pebalap Jerman Sebastian Vettel.

Vettel yang membela tim Ferrari, berhasil membuka musim F1 2017 dalam seri GP Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Minggu, dengan catatan waktu terbaik 1 jam 24 menit 11,672 detik, lapor Reuters.

Mendampingi Vettel di podium adalah duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, yang masing-masing catatan waktunya terpaut 9,975 detik dan 11,250 detik dari sang pemenang.

Sementara itu, rekan setim Vettel, Kimi Raikkonen, menyelesaikan lomba menempati peringkat keempat dengan catatan waktu terpaut 22,393 detik. Di urutan kelima ada pebalap Red Bull, Max Verstappen, akan tetapi rekannya yang merupakan pebalap tuan rumah, Daniel Ricciardo, harus menerima kenyataan dirinya gagal menyelesaikan lomba.

Selanjutnya pebalap veteran Williams, Felipe Massa, menempati urutan keenam di depan pebalap Force India, Sergio Perez, serta duo Toro Rosso, Carlos Sainz Jr. dan Daniil Kvyat, sedangkan Esteban Ocon memulai debutnya bersama Force India dengan meraih satu poin di urutan ke-10.

Sementara itu di urutan ke-11 hingga ke-13 secara berurutan adalah Niko Huelkenberg (Renault), Antonio Giovinazzi (Sauber) dan Stoffel Vandoorne (McLaren Honda).

Selain Ricciardo ada pebalap lain juga gagal finis, termasuk Romain Grosjean (Haas) pada lap ke-14, diikuti Jolyon Palmer (Renault), Marcus Ericsson (Sauber), Kevin Magnussen (Haas), Lance Stroll (Williams) dan Fernando Alonso (McLaren Honda).

Atas hasil tersebut, berikut klasemen pebalap dan konstruktor setelah balapan GP Australia di Albert Park, Minggu:

Pebalap

1. Sebastian Vettel (Jerman) Ferrari 25

2. Lewis Hamilton (Inggris) Mercedes 18

3. Valtteri Bottas (Finlandia) Mercedes 15

4. Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari 12

5. Max Verstappen (Belanda) Red Bull 10

6. Felipe Massa (Brazil) Williams 8

7. Sergio Perez (Meksiko) Force India 6

8. Carlos Sainz Jr (Spanyol) Toro Rosso 4

9. Daniil Kvyat (Rusia) Toro Rosso 2

10. Esteban Ocon (Prancis) Force India 1

11. Nico Huelkenberg (Jerman) Renault 0

12. Antonio Giovinazzi (Italia) Sauber 0

13. Stoffel Vandoorne (Belgia) McLaren 0

14. Fernando Alonso (Spanyol) McLaren 0



Konstruktor

1. Ferrari 37

2. Mercedes 33

3. Red Bull - TAG Heuer 10

4. Williams-Mercedes 8

5. Force India - Mercedes 7

6. Toro Rosso - Renault 6

7. Renault 0

8. Sauber - Ferrari 0

9. McLaren 0

. Haas - Ferrari

(Uu.R030/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017