Samarinda (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak akan melakukan "groundbreaking" atau peletakkan batu pertama pembangunan pabrik tepung pisang dan singkong saat kunjungan kerjanya ke Kabupaten Kutai Timur, pada 30-31 Maret 2017.

"Gubernur Kaltim kembali akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Timur mulai pada 30-31 Maret 2017," kata Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Pangan dan Holtikultura Kaltim H Ibrahim, pada rapat persiapan kunjungan kerja Gubernur Kaltim ke Kabupaten Kutai Timur, Minggu.

"Selain untuk melihat berbagai program pembangunan yang telah dilaksanakan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Provinsi Kaltim, Gubernur juga akan melakukan peletakan batu pertama pabrik tepung pisang dan singkong," ujarnya.

Sebelum melakukan peletakan batu pertama pabrik tepung pisang dan singkong, Gubernur Kaltim lanjut Ibrahim, terlebih dahulu meninjau peningkatan/pemeliharaan jalan Samarinda-Bontang, Bontang-Sangata, Kutai Timur serta pembangunan pelabuhan tol laut Pantai Kenyamukan di Kecamatan Sangatta.

Peninjauan tambah Ibrahim, kemudian dilanjutkan ke jalan Sangatta-Simpang Perdau, Simpang Perdau-Bengalon-Kaubun.

"Kemudian pada 31 Meret 2017, Gubernur melakukan peninjauan ke Maloy selanjutnya meletekkan batu pertama pembangunan pabrik tepung pisang dan singkong. Setelah itu dilakukan peninjauan kebun pisang sekaligus pertemuan dengan patani pisang," terang Ibrahim.

Dalam agenda Gubernur kata Ibrahim, juga direncanakan mengunjungi Desa Cipta Graha Kecamatan Kaubun untuk melakukan panen padi dengan luas areal panen mencapai 60 hektare.

Gubernur lanjut ia, juga akan mengunjungi Desa Gadungan Jaya untuk meninjau koperasi Taruna Bina Mandiri yang telah memproduksi tepung singkong (mokap).

"Luasan lahan singkong yang akan dipanen mencapai 4.200 hektare dari beberapa desa dan beberapa kelompok tani yang sebelumnya mendapat bantuan baik dari APBD maupun APBN," jelas Ibrahim.

Pewarta: Amirullah
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017