Jakarta (ANTARA News) - Ibu dan anak Debbie Reynolds dan Carrie Fisher, yang menginggal hanya berselang satu hari pada Desember lalu, dikenang oleh fans dan teman-temannya dalam upacara peringatan yang terbuka bagi publik di Hollywood Hills, di mana mereka dimakamkan bersebelahan pada Januari.

Komedian Dan Aykord, yang pernah bertunangan dengan Fisher, dan aktor Griffin Dunne, teman dekatnya, turut hadir dalam acara untuk mengenang aktris yang dikenal lewat perannya sebagai Princess Leia dalam "Star Wars", yang kemudian sukses dengan karya tulisnya, film dan di Broadway.

Upacara peringatan tersebut menampilkan video-video dan foto-foto dengan berlatar musik, serta pertunjukan oleh Paduan Suara dari Los Angeles dan penari Debbie Reynolds Dance Studio.

Dalam pidatonya untuk mengenang Reynolds, aktris Ruta Lee mengatakan kepada fans untuk tidak berduka, melainkan mengambil kebahagiaan dalam kehidupan bintang film "Singin' in The Rain" itu.

Reuters melaporkan, ratusan penggemar berbaris berjam-jam untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir, dan banyak bunga yang di tempatkan di pusara mereka.

Fisher (60) meninggal pada 27 Desember, empat hari setelah menderita serangan jantung dalam penerbangan dari Inggris di mana dia sedang menjalani syuting musim ketiga dari serial komedi televisi Inggris.

Sehari setelah itu, Reynolds, yang mengambil hati para penonton bioskop dengan nyanyian dan tariannya dalam film musikal Hollywood, menderita stroke dan meninggal pada usia 84 tahun.

"Ketika kami mendengar tentang apa yang terjadi ... jujur saya merasa anggota keluarga yang saya cintai pergi," ujar Liza Rios-Proprofsky, penggemar Fisher yang menikah dengan tema "Star Wars".

Penggemar Reynolds, Barbara Doss, menggambarkan bahwa "Mereka berdua tidak dapat tenggelam," mengacu pada salah satu peran Reynolds yang paling berkesan "The Unsinkable Molly Brown."

"Debbie selalu mengatakan dia tidak dapat tenggelam, dan itu sangat benar," kata dia.

"Mereka kuat, perempuan luar biasa, saya sangat senang bahwa anak laki-laki (Reynold) membuat ini untuk kita sehingga kita bisa datang dan memberikan penghormatan," kata dia, untuk Todd Fisher, yang mengatur acara peringatan tersebut.

"Seluruh hal ini saya sebuat pertunjukan, bukan peringatan," kata Todd Fisher.

"Karena ibu saya tidak suka peringatan atau pemakaman. Dia menyukai pertunjukan dan pesta. Dia juga mencintai orang-orangnya, dan kalian semua adalah orang-orangnya -- bukan hanya teman dekat, tapi keluarga besarnya, fans-nya," tambah dia, demikian Reuters.

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017