Jakarta (ANTARA News) - Pebalap tim Movistar Yamaha, Maverick Vinales, menjuarai seri pembuka musim 2017 balapan MotoGP Seri Qatar di Sirkuit Internasional Losail, Qatar, Senin dini hari waktu Indonesia.

Vinales yang bergabung dengan Yamaha awal musim ini mengatakan ketenangan adalah kunci kemenangannya saat melibas sirkuit Losail yang licin karena hujan.

"Saya merasa luar biasa dan itu terlihat dari hasilnya. Kami melakukan pekerjaan besar selama akhir pekan dan memulai tes dengan bagus sehingga di latihan bebas pertama (Free practice 1) kami merasa benar-benar bagus," kata Vinales dilansir dari laman resmi Movistar Yamaha, Senin.

"Balapan yang sulit, dimulai dengan turunnya hujan dan ada sedikit kebingungan karena kami tidak tahu apa yang harus dilakukan," katanya.

"Putaran pertama sangat menantang, trek sangat licin dan saya ingin melewatinya dengan mudah dan tetap tenang. Saya tahu saya punya kecepatan yang baik, jadi saya mencoba menekan di akhir lomba," lanjut dia.

"Ada banyak tabrakan di depan, jadi saya menunggu saat yang tepat dan akhirnya kami mengambil kemenangan," kata pebalap Spanyol itu.

"Perasaan ketika saya melintasi garis (finish) sungguh luar biasa. Sebagai kemenangan pertama dengan Yamaha, bahkan lebih penting daripada kemenangan pertama MotoGP, karena ada begitu banyak tekanan," ujar Vinales.

"Kami unggul di semua tes, 'Anda bisa melakukannya', dan akhirnya kami berhasil melakukannya, jadi saya senang bisa menangani tekanan dan juga dengan tim yang bekerja sangat baik," pungkas Vinales.

Balap seri kedua MotoGP akan digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, pada 9 April mendatang.

Penerjemah: Alviansyah P
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017