- Kantor cabang Singapura bantu EDC meningkatkan pesanan pinjaman tahunan hingga USD 4 miliar hingga 2021

- Peluang untuk bermitra dengan bank-bank komersial dalam fasilitas pendanaan sindikasi untuk mendukung bisnis berorientasi perdagangan perusahaan-perusahaan di Asia

- Kantor cabang ini akan mendukung kantor perwakilan yang sudah ada di Jakarta, Mumbai, Delhi, Beijing, dan Shanghai

 

SINGAPURA (Antara/BUSINESS WIRE) -- Export Development Canada (EDC), badan kredit ekspor dinamis asal Kanada, hari ini meresmikan kantor cabang global terbarunya di luar Kanada, di Singapura.

 

Kantor cabang ini akan membawa bisnis pendanaan berskala global untuk lebih dekat lagi ke berbagai proyek dan perusahaan di seluruh Asia, ASEAN, dan Oseania dengan menegosiasi dan menanggung (underwritting) pendanaannya dari Singapura.

 

Kantor ini diharapkan dapat memainkan peran penting dalam melipatgandakan pesanan kredit hingga 2021, dengan target kredit mencapai lebih dari USD 4 miliar pada pendanaan komersial tahunan yang baru. EDC akan berfokus pada pengembangan kerjasama pendanaan dengan berbagai perusahaan dan pemilik proyek di seluruh kawasan ini yang memang sudah memiliki jaringan pemasok asal Kanada, atau terdapat potensi untuk mengembangkan rantai pasokan asal Kanada di masa mendatang. EDC juga dapat mendukung pengelolaan investasi asal Kanada dan investasi asing untuk masuk ke Kanada dimana terdapat koneksi langsung dengan jaringan eksportir Kanada.

 

Selain itu, EDC pun akan aktif membangun kemitraan dengan bank-bank komersial yang ada dalam fasilitas club dan syndicated loan dari perusahaan-perusahaan terpilih di seluruh Asia dan Oseania. Dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi dan jumlah populasi gabungan mencapai 625 juta jiwa, pasar ASEAN menjadi perhatian khusus bagi kantor EDC cabang Singapura.

 

"ASEAN adalah kawasan dinamis dengan tingkat pertumbuhan yang fenomenal, dan perusahaan-perusahaan di ASEAN yang tengah berkembang tentunya membutuhkan modal untuk mendukung misi pertumbuhan dan bisnis yang berorientasi pada perdagangan," ujar Regional Vice-President EDC Asia, Bill Brown. "EDC menghadirkan platform pendanaan berskala global yang stabil dengan visi kemitraan jangka panjang. Kami tidak hanya dapat menyediakan pendanaan, tapi juga mampu membantu perusahaan Anda untuk mengurangi anggaran, menjadi lebih produktif, dan lebih inovatif dengan berbagai teknologi dan kapabilitas perusahaan-perusahaan Kanada."

 

Bill Brown akan berkantor di Singapura, dan akan bertanggungjawab terhadap seluruh kegaiatan EDC di pasar ini. EDC memilih Singapura sebagai kantor cabang global pertamanya karena negara ini dikenal akan kemudahan bagi pelaku pasar untuk berbisnis, tenaga kerja yang terampil dan kompeten, dan merupakan pusat keuangan, komersial, dan transportasi Asia.

 

Dalam lima tahun terakhir, EDC membantu memfasilitas pendanaan bisnis sebesar lebih dari 13 miliar dolar Kanada antara perusahaan-perusahaan yang berbasis di ASEAN dan Kanada, melalui beragam solusi keuangannya.

 

Sektor utama dari EDC di pasar ASEAN adalah infrastruktur (termasuk energi dan teknologi ramah lingkungan), ekstraktif (pertambangan, minyak bumi, dan gas), dan sektor tambahan lain yang meliputi TIK, manufaktur berskala kecil, dan transportasi (produksi otomotif, kedirgantaraan, dan jalur rel).

 

"Kapabilitas perusahaan-perusahaan Kanada di sektor-sektor tersebut dapat meningkatkan hubungan perdagangan antara perusahaan-perusahaan di ASEAN dan Kanada," ujar Brown. "Ini merupakan langkah ekspansi yang alami bagi kami karena pasar ini memiliki sumber daya yang berlimpah, yang tersebar luas di seluruh penjuru kawasan ini."

 

"Pembukaan kantor cabang global EDC pertama di Singapura akan mendukung upaya Kanada untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi bilateral dengan pasar ASEAN," ujar Duta Besar Kanada untuk ASEAN, Marie-Louise Hannan. "Kehadiran EDC di ASEAN membuka peluang bisnis yang luar biasa bagi perusahaan-perusahaan Kanada dan ASEAN untuk bersama-sama membangun hubungan bisnis yang lebih besar dan lebih menguntungkan."

 

"Keputusan EDC untuk membuka kantor cabang di Singapura juga merupakan sebuah refleksi dari semakin meningkatnya kesadaran perusahaan-perusahaan asal Kanada akan krusialnya negara ini untuk dijadikan kantor pusat regional," tambah Komisaris Tinggi Kanada untuk Singapura, Lynn McDonald.

 

Pada 2016, EDC mendukung hampir 500 perusahaan di kawasan ASEAN, yang menjadi berkontribusi terhadap hubungan perdagangan dua arah tahunan senilai 21 miliar dolar Kanada antara perusahaan dan konsumen Kanada dan ASEAN.

 

Sektor infrastruktur merupakan contoh utama bagaimana kehadiran EDC di ASEAN dapat memberikan manfaat signifikan bagi perusahaan-perusahaan ASEAN. Selama lebih dari lima tahun, EDC telah menggelontorkan pendanaan lebih dari USD 315 juta bagi sektor infrastruktur kawasan ini, terutama melalui pendanaan terhadap perusahaan-perusahaan ASEAN.

 

"Kehadiran EDC di pasar ini akan memudahkan perusahaan-perusahaan ASEAN untuk memanfaatkan berbagai kapabilitas perusahaan asal Kanada agar dapat wujudkan sektor infrastruktur yang lebih hemat, efisien, dan berkesinambungan di seluruh kawasan ini," ujar Brown.

 

EDC telah menjadi penyedia solusi pendanaan perdagangan sejak 1944 dan aktif beroperasi di kawasan Asia dan Oseania sejak perusahaan ini didirikan. EDC memiliki kantor perwakilan permanen di dalam hubungan kerjasama asing Kanada di Jakarta, Mumbai, Delhi, Beijing, dan Shanghai.

 

EDC juga memiliki kantor perwakilan permanen di Bogota, Rio de Janeiro, São Paulo, Lima, Mexico City, Monterrey, Santiago, Moscow, Johannesburg, Dubai, Istanbul, London, dan Düsseldorf.  

 

Tentang EDC

EDC adalah badan kredit ekspor Kanada, yang menyediakan layanan pendanaan untuk perusahaan-perusahaan yang bertransaksi dengan perusahaan-perusahaan Kanada atau perusahaan-perusahaan yang memiliki pasokan/produk/layanan asal Kanada di dalam rantai nilai perusahaan mereka. Pendanaan EDC dapat digunakan untuk belanja modal dan/atau persyaratan pembiayaan proyek, baik melalui fasilitas korporat bilateral atau sindikat. Dengan menganut prinsip komerisal dalam operasinya, EDC memiliki filosofi berorientasi pada kemitraan untuk bekerjasama dengan lembaga keuangan swasta guna berbagai risiko dan membangun kapasitas yang lebih besar untuk transaksi perdagangan Kanada. EDC berkomitmen terhadap Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, dan selalu mempertimbangkan dampak lingkungan dan sosial dalam setiap transaksinya.

 

Baca versi aslinya di businesswire.com: http://www.businesswire.com/news/home/20170321006504/en/

 

Kontak

 

Kontak media:

Export Development Canada (EDC)

Elise Dedekam

ededekam@edc.ca

+1 (613) 851-3048 / +1 (514) 755-9192 (Whatsapp)

atau

Hill+Knowlton Strategies, Singapura

Holly Huang / Aaron Ng

holly.huang@hkstrategies.com / aaron.ng@hkstrategies.com

(65) 6390-3346 / (65) 6390-3335

 

Sumber: Export Development Canada

 

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2017