Jakarta (ANTARA News) - Setelah peran perdananya di layar lebar dalam "5 cm." lima tahun lalu, mantan atlet basket nasional Denny Sumargo sudah bermain di sederet film.

Namun dia baru pertama kali mendapat peran dalam film periodik sejarah dalam "Kartini", di mana menjadi Slamet Sosroningrat, kakak tertua perempuan pahlawan nasional yang lahir di Jepara itu.
 
"Dia adalah anak tertua dan calon pengganti bapaknya yang saat itu menjabat sebagai bupati. Maka tuntutan terhadap dia sangat tinggi. Bagaimana dia harus bisa bertanggungjawab terhadap citra, harga diri dan martabat keluarga, terutama adik-adiknya," kata Denny dalam siaran pers.
 
Berperan dalam film yang diangkat dari kisah nyata dalam bahasa yang tidak dia kuasai membuat Denny sempat khawatir saat mengambil perannya di film ini.

Pria Makassar-Padang ini harus sebagai pria Jawa yang hidup dalam tradisi budaya yang kental.
 
"Setelah saya menjalani selama beberapa minggu ternyata saya menyadari bahwa Jawa itu memiliki hal yang sangat istimewa karena nilai dari sejarahnya sangat mempengaruhi pembentukan bangsa ini."

Film Kartini juga menandai pertama kalinya Denny Sumargo bekerja dengan Hanung Bramantyo.

"Saya sangat bangga dan bersyukur memiliki kesempatan bekerja dengan salah satu nama besar ini dan belajar banyak untuk bekal saya untuk di kemudian hari sebagai aktor," kata dia.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017