Jakarta (ANTARA News) - Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video yang menampilkan orang diduga dari Suku Mante di pedalaman Aceh.

Dalam video yang diunggah pada 22 Maret 2017 oleh akun YouTube Fredography itu, terlihat orang tersebut berlari setelah tidak sengaja pemotor trail yang melintasi hutan, yang kemudian mengejarnya.

Sebetulnya apa yang harus dilakukan jika tidak sengaja bertemu dengan orang-orang dari suku pedalaman?

Antropolog dari Universitas Padjajaran, Dr Budi Rajab, berpendapat seharusnya saat bertemu orang suku pedalaman membiarkan mereka pergi tanpa mengganggu ataupun mengejar.

"Ya biasa-biasa saja, tidak usah mengganggu. Kalau ketemunya spontan, ya jangan saling mengganggu. Jangan dikejar, tidak boleh," kata Budi saat berbincang dengan ANTARA News, Senin.

Ia mengatakan, orang-orang dari suku pedalaman memang memiliki sifat tertutup dan berupaya melarikan diri jika bertemu orang asing.

"Mungkin, orang-orang yang menemukan, tidak tahu atau mungkin mereka ingin berdialog. Tetapi kan biasanya suku-suku seperti itu, takut pada permulaannya, di mana pun itu, bertemu dengan orang yang mereka anggap asing, pasti mereka lari," kata Budi.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017