Jakarta (ANTARA News) - Laiknya tata krama pergaulan dan diplomasi antar angkatan laut sedunia, kali ini Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi, menerima koleganya, Kepala Staf Angkatan Laut Selandia Baru, Rear Admiral John Martin, di Markas Besar TNI AL, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin.

Pada sisi lain, Angkatan Laut Selandia Baru juga menghadirkan kapal perangnya, fregat kelas ANZAC, HMNZS Te Kaha (FF-77), yang menambatkan talinya di dermaga peti kemas Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

Kapal perang ini berada di Jakarta pada 26-28 Maret ini, dengan komandan kapal Commander Stephen Lenik yang memimpin 163 awaknya.  

Kunjungan Martin ke Supandi juga berarti kunjungan kehormatan dia sebelum melakukan kunjungan serupa kepada Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dan Menteri Pertahanan, Jenderal TNI (Purnawirawan) Ryamizard Ryacudu. 

Sejumlah pimpinan puncak TNI AL juga hadir menerima kunjungan kehormatan itu, di antaranya Wakil Kepala Staf TNI AL, Laksamana Madya TNI Taufiqoerrahman, dan seluruh asisten kepala staf TNI AL. 

Beberapa hari sebelumnya, upacara dan tradisi penyambutan juga terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok, saat HMNZS Te Kaha (FF-77) merapat. Sejumlah tari dari kedua belah pihak digelar, berakhir dengan goyang bersama dalam tari pergaulan dari NTT, Gemu Famire, yang berirama riang. 

Akhir dari kunjungan HMNZS Te Kaha (FF-77) adalah latihan bersama dengan TNI AL sebelum kapal perang berukuran panjang 118 meter itu mengarahkan haluan ke Filipina.  

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017