Jakarta (ANTARA News) - Mantan manajer Manchester United Louis van Gaal disebut-sebut akan kembali mengemban tugas manajer Timnas Belanda.

Minggu pekan lalu, Belanda memecat pelatih Danny Blind setelah Belanda dikalahkan Bulgaria pada laga kualifikasi Piala Dunia.

Tim Oranye di ambang dua kali gagal berturut-turut lolos ke turnamen internasional besar setelah kekalahan dari Bulgaria itu membuat Belanda terpental ke posisi empat klasemen Grup A atau enam poin di bawah pemuncak klasemen Prancis dan tiga poin di bawah Swedia yang menempati posisi kedua.

Theo Pouw dari fans Timnas Belanda berkata bahwa Van Gaal adalah pelatih terbaik yang saat ini tersedia  untuk menggantikan Blind.

"Di bawah Van Gaal, kami finis urutan ketiga pada Piala Dunia (2014)," kata Pouw kepada De Telegraaf.

Gelandang Liverpool Georginio Wijnaldum berkata kepada Telesport bahwa "Van Gaal jelas mempunyai catatan fantastis bersama tim nasional Belanda. Saya tidak tahu. Kami harus menunggu apakah dia membuka diri uhntuk kembali."

Manajer lainnya yang disebut-sebut bakal menggantikan Blind adalah manajer Everton Ronald Koeman, bekas pelatih Inter Milan Frank de Boer dan bekas manajer Chelsea Guus Hiddink.

Van Gaal juga berperan membantu asosiasi sepak bola Belanda KNVB dalam menempukan pengganti Blind, demikian laman ESPN.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017