Jakarta (ANTARA News) - Berikut lima berita kemarin termasuk paling populer pada situs Antaranews.com dan masih layak Anda baca hari ini.

1. Presiden Jokowi cerita soal musik-industri kreatif via Youtube

 Presiden Joko Widodo melalui akun Youtube miliknya bercerita soal musik dan grup band favoritnya serta potensi industri kreatif yang bisa digeluti anak muda Indonesia dalam video berjudul #JOKOWIMENJAWAB episode 1.

Dalam video yang diunggah, Senin, sekitar 8 jam lalu dan sudah ditonton lebih dari 50 ribu kali tersebut, Presiden Jokowi, menjawab empat pertanyaan soal ketertarikannya pada bidang musik dan industri kreatif Indonesia.

Pertanyaan pertama yang diajukan oleh Evan Sihombing menyinggung lagu favorit Jokowi dari band kesukaannya, Metallica.

"Saya dulu waktu masih muda senang banget dengan Metallica, Nazareth, Scorpions, Guns n Roses, ada Lamb of God, banyak yang lain tapi itu dulu. Mungkin Metallica yang album Master of Puppets misalnya, di situ banyak yang bagus-bagus," jawab Jokowi yang mengenakan jaket bomber hitam dalam video tersebut.

Baca selengkapnya di sini

2. Lima orang lolos seleksi wawancara penasihat KPK

Panitia seleksi penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2017-2021 sudah memilih lima orang yang lolos seleksi tahap III atau wawancara dan akan diserahkan kepada pimpinan KPK.

"Setelah melalui proses panjang dengan pendaftar awal mencapai 3.256 orang, sebuah animo yang sangat besar kemudian semua pendafatar ini diseleksi secara administratif menyusut menjadi 34 orang kemudian dari 34 orang itu dites berikutnya dan menyusut menjadi 13 orang," kata Ketua Pansel Penasihat KPK Imam Prasodjo di gedung KPK, Jakarta, Senin.

Selanjutnya, kata Imam, dari 13 orang itu dilakukan tes wawancara yang dilakukan dua hari pada Minggu (26/3) dan Senin (27/3).

"Akhirnya sampai lah pada final siapa yang terseleksi menjadi calon penasihat KPK yang nanti akan diserahkan kepada pimpinan KPK untuk kembali direview dan diwawancara," tuturnya.

Baca selengkapnya di sini

3. Pengacara ajukan kasasi dan minta Jessica dibebaskan

Tim pengacara Jessica Kumala Wongso mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung hari ini, dan meminta klien mereka dibebaskan dari tahanan karena masa penahanannya habis dan belum ada perpanjangan masa penahanan resmi.

Jessica, yang dijatuhi hukuman 20 tahun penjara dalam perkara kematian Wayan Mirna Salihin, saat ini menghuni Rumah Tahanan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

"Sekarang tim penasihat hukum di rutan karena masa penahanan Jessica habis," kata Hidayat Bostam, anggota tim pengacara Jessica, Senin.

Baca selengkapnya di sini

4. Bertemu suku pedalaman, apa yang harus dilakukan?

Media sosial dihebohkan dengan beredarnya video yang menampilkan orang diduga dari Suku Mante di pedalaman Aceh.

Dalam video yang diunggah pada 22 Maret 2017 oleh akun YouTube Fredography itu, terlihat orang tersebut berlari setelah tidak sengaja pemotor trail yang melintasi hutan, yang kemudian mengejarnya.

Sebetulnya apa yang harus dilakukan jika tidak sengaja bertemu dengan orang-orang dari suku pedalaman?

Baca selengkapnya di sini

5. Ribuan umat Hindu ikuti tawur kesanga di Prambanan

Ribuan penganut Hindu hari ini mengikuti Upacara Tawur Agung Kesanga Nasional di pelataran selatan kompleks Candi Prambanan di Kabupaten Sleman sebagai bagian dari perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939.

Pemeluk Hindu yang antara lain datang dari Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Tengah itu mengikuti ritual upacara sebelum melakukan Catur Brata Penyepian.

Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin, Wakil Gubernur DIY Sri Pakua Alam X, pengurus Parisada Hindu Dharma Pusat, dan Gubernur Bali menghadiri upacara dengan tema "Bangun Harmoni Dalam Kebhinekaan" itu.

Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017