Tianjin (ANTARA News) - Jumlah zona industri teknologi tinggi nasional di China bertambah menjadi 156 dengan pendapatan operasi mencapai 27,9 triliun yuan (empat triliun dolar AS) selama 2016.

Zona industri teknologi tinggi menyumbang 11,7 persen Pendapatan Domestik Bruto China pada 2016 dan meliputi 18 persen total ekspor China menurut Zhang Zhihong, direktur Torch High Technology Industry Development Center di Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China.

"Zona teknologi tinggi sudah menjadi mesin utama pertumbuhan ekonomi China," kata Zhang sebagaimana dikutip kantor berita Xinhua.

"Hampir 4.300 tempat menyediakan jasa untuk lebih dari 120.000 perusahaan pada 2016, menarik investasi 5,5 miliar yuan," katanya.

Zhang mengatakan bahwa zona-zona teknologi tinggi harus memberikan perhatian lebih pada industri-industri strategis yang sedang tumbuh seperti industri ilmiah dan teknologi, menambahkan bahwa perusahaan, lembaga riset, universitas dan inovator juga akan didorong untuk berkolaborasi dalam inovasi independen.

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017