Surabaya (ANTARA News) - Pengunjung tempat wisata Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur, pada libur Nyepi 2017 mencapai 11.874 pengunjung, atau meningkat 4.741 pengunjung dibandingkan dengan tahun 2016, yang hanya mencapai 7.133 pengunjung.

"Libur Nyepi tahun ini mengalami kenaikan 4.741 pengunjung dari tahun lalu. Jika ditotal dari hari Minggu sampai Selasa, pengunjung bisa mencapai 26.284 orang," kata Humas Perusahaan Daerah Taman Satwa (PDTS) KBS, Laily Widya Arishandi di Surabaya, Selasa.

Ia mengatakan, peningkatan itu diperkirakan karena adanya berbagai hiburan yang ditawarkan, salah satunya hiburan "One Stop Keeper Talk and Feeding Time" atau kegiatan perawat satwa yang memberikan pakan kepada satwa dengan menjelaskan tentang keseharian dan keunikan satwa tersebut.

Laily mengatakan ada tiga satwa yang diberi makanan dan dipertunjukkan keunikannya pada momen Nyepi 2017 dan kesemuannya berada di Aquarium, yaitu ikan arapaima, buaya muara dan buaya supit.

"Untuk pemberian makan satwa dilakukan oleh perawat satwa di tiga hewan yaitu ikan arapaima, buaya muara dan buaya supit. Sedangkan keeper talk dilaksanakan di penyu hijau yang berusia sekitar 100 tahun," katanya.

Ia mengatakan dipilihnya ketiga satwa sebagai hiburan pengunjung bertujuan menumbuhkan kecintaan terhadap satwa dan bisa menambah pengetahuan tentang satwa. Selain itu, ketiga satwa itu juga merupakan satwa yang dilindungi.

"Dua ekor ikan arapaima itu ditemukan di Sungai Amazon, Amerika Selatan diberi makan ikan mujair segar sebanyak 0,5 kg. Ikan bernama latin Arapaima gigas ini termasuk ikan air tawar terbesar di dunia. Panjang ikan dewasa bisa mencapai lebih dari 3 meter dengan berat kurang lebih 200 kg," jelasnya.

Ia menjelaskan Ikan Arapaima juga disebut sebagai ikan aligator, dan dalam rantai makanan, arapaima berada di puncak rantai makanan dan menjadi predator (pemangsa) bagi hewan lainnya.

"Dua ekor arapaima itu diberinama Rambo dan Anjani, dan diberi makan jantung sapi setiap dua kali seminggu," katanya.

Sementara itu, kata Laily, KBS juga menyediakan hiburan keeper talk penyu hijau, dengan mempertunjukkan tiga penyu hijau yang diberinama Seneng berusia 101 tahun, Ayem berusia 96 tahun dan Tentrem berusia 98 tahun.

"Kalau jumlah keseluruhan penyu hijau di KBS ada 11 ekor. Penyu hijau merupakan satwa vegetarian, dan sangat menyukai rumput laut, namun karena dia vegetarian, bisa diganti dengan sayur lainnya," katanya.

(A067/H005)

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017