Jakarta (ANTARA News) - Kebijakan rotasi pemain yang diterapkan Real Madrid membuat Cristiano Ronaldo bermain lebih singkat ketimbang waktu bermain trio Barcelona --Lionel Messi, Luis Suarez dan Neymar--, lapor koran olah raga Spanyol, AS, dalam laman ESPN.

Ronaldo yang hanya absen pada dua pertandingan Real musim lalu, bermain selama 3.022 menit pada 34 pertandingan dalam semua kompetisi. Dia menjadi starter pada 22 dari 27 pertandingan La Liga.

Waktu bermain Ronaldo itu lebih singkat ketimbang trio MSN di mana Messi bermain selama 3.399 menit, Suarez 3.349 menit dan Neymar 3.096 menit.

Striker Atletico Madrid Antoine Griezmann bermain 429 menit lebih lama ketimbang Ronaldo, yakni 3.451 menit.

Pelatih Madrid Zinedine Zidane belum lama ini mengungkapkan bahwa Ronaldo ingin bertanding pada semua pertandingan, namun menerima kebijakan rotasi pemain yang diterapkan klubnya.

Di luar La Liga, gelandang Manchester United Paul Pogba bermain paling lama musim ini dengan 3.511 menit atau terlama dari semua pemain bintang di Eropa. Rekan satu timnya Zlatan Ibrahimovic telah bermain selama 3.480 menit dan sejauh ini sudah menciptakan 26 gol.

Penyerang Juventus Gonzalo Higuain telah bermain selama 3.117 menit, sedangkan striker Bayern Muenchen Robert Lewandowski total bermain selama 3.141 menit.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017