Washington (ANTARA News) - Roger Federer selamat dari ujian berat yang diberikan petenis Spanyol Robert Bautista Agut untuk mencapai perempat final Miami Terbuka pada Selasa, sedangkan petenis unggulan Swiss lainnya Stan Wawrinka tersingkir pada hari ulang tahunnya.

Federer mengunci kemenangan 7-6(5), 7-6(4) melalui match point ketiganya, tidak lama setelah Wawrinka takluk 6-4, 2-6, 1-6 dari unggulan ke-16 asal Jerman Alexander Zverev.

Bautista Agut memainkan pertandingan penting dalam hidupnya, melepaskan pukulan dengan akurasi yang bagus dalam upayanya untuk menundukkan Federer di baseline, memberi semua yang dapat dilakukan oleh juara Grand Slam 18 kali itu.

Namun kelas Federer terbukti menjadi pembeda pada tiebreak ketika ia mempertajam rekornya atas Bautista Agut menjadi 6-0, dan melaju untuk berhadapan dengan unggulan kesepuluh asal Ceko Tomas Berdych.

Wawrinka, yang berusia 32 tahun pada Selasa, kalah dari Federer pada final Indian Wells sembilan hari silam dan gagal bertemu ulang di Miami.

Sehari setelah menyelamatkan tiga match point melawan John Isner, Zverev (19) mendominasi dua set final melawan Wawrinka, dua kali melakukan break pada set kedua dan tiga kali break pada set ketiga untuk membuat dirinya menghadapi Nick Kyrgios di perempat final.

"Satu game buruk untuk memulai set kedua dan kemudian ini menjadi berat bagi saya," kata Wawrinka kepada para pewarta. "Saya kelelahan secara fisik dan mental, dan juga permainan tenis saya menurun. Saya tidak memiliki bensin lagi."

Zverev bermain lebih agresif setelah kalah pada set pertama dan petenis Jerman itu kemudian unggul 2-0 atas Wawrinka.

"Saya harus agresif. Saya merasa seperti ia adalah sosok yang mengendalikan semua poin sepanjang waktu, maka saya harus mengubahnya. Hal ini berjalan dengan baik untuk saya," tutur Zverev.

Pertandingan delapan besar melawan unggulan ke-12 asal Australia membawa pasangan ini kembali bertemu dalam rentang waktu dua pekan, setelah Kyrgios memenangi pertandingan sebelumnya di Indian Wells.

Kyrgios terlihat memiliki nasib baik saat ia melakukan pemanasan untuk pertandingan itu dengan tidak kehilangan serve saat menang 7-6(5), 6-3 atas unggulan kedelapan asal Belgia David Goffin.

Seluruh unggulan teratas menjalani pertandingan-pertandingan kompetitif pada Selasa, di mana unggulan kedua asal Jepang Kei Nishikori bermain tiga set sebelum menang 6-3, 4-6, 6-3 atas petenis Argentina Federico Delbonis.

Unggulan kelima Rafa Nadal menang "straight sets," namun harus bekerja keras untuk mengalahkan petenis Prancis Nicolas Mahut dengan skor 6-4, 7-6 (4).

Lawan berikutnya bagi Nadal adalah petenis AS Jack Sock, sedangkan Nishikori akan bertemu petenis Italia Fabio Fognini, demikian Reuters melaporkan.

(H-RF)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2017