Jakarta (ANTARA News) - Pasangan ganda putra Indonesia Angga Pratama/Ricky Karandasuwardi memastikan satu tempat di putaran kedua kejuaraan India Terbuka 2017 setelah sukses melibas duet Rusia Evgenij Dremin/Denis Grachev dalam pertandingan putaran pertama di New Delhi, Rabu.

Pasangan Indonesia yang berperingkat delapan dunia itu sukses mengalahkan ganda asal Negeri Beruang Merah dua game langsung 21-14 dan 21-17 dalam durasi 27 menit.

Pada game pertama dalam pertandingan yang digelar di Siri Fort Indoor Stadium tersebut, Angga/Ricky lebih dulu mendulang dua poin secara beruntun, namun tidak berlangsung lama, pasangan Rusia membalas dengan tiga poin menjadikan skor 2-3.

Jelang jeda interval game pertama, susul-menyusul poin antara kedua pasangan terjadi hingga poin delapan, namun pasangan Indonesia berhasil menahan keran poin Dramin/Grachev di angka delapan dan mengakhiri waktu interval game pertama dengan skor 11-8.

Angga/Ricky terus melaju, meskipun pasangan Rusia juga berhasil meraih poin hingga selisih dua angka saja di 12-10 dan 13-11, mereka tidak bisa menyusul perolehan angka duet Merah Putih tersebut hingga harus rela menyerahkan gim pertama dengan selisih tujuh angka.

Di game kedua, terjadi pertandingan ketat antara kedua pasangan, tercatat beberapa kali poin harus imbang di angka 1-1, 2-2, 3-3 dan 4-4, namun di fase tersebut Angga/Ricky berhasil meninggalkan perolehan poin atas pasangan Rusia berperingkat 51 dunia tersebut.

Kendati terus mengejar ketertinggalan, Dremin/Grachev hanya mampu memperkecil selisih satu poin saja di angka 6-5, 7-6, 8-7 dan 13-12. Setelah perolehan poin terakhir itu, dulangan angka Angga/Ricky tidak terkejar hingga berhasil menutup game kedua dengan kemenangan menuju ke putaran dua.

Di putaran dua nanti, Angga/Ricky akan menghadapi pemenang dari pertarungan antara Supak Jomkoh/Pakin Kuna-Anuvit asal Thailand dengan pasangan Denmark Mathias Christiansen/David Daugaard yang akan berlangsung pukul 17:00 waktu setempat atau 18:30 WIB.

Langkah Ricky/Angga ini memastikan dua tempat di putaran dua turnamen berhadiah total 325 ribu dolar AS itu bagi Indonesia setelah sebelumnya Cynthia Shara Ayunidha/Debora Rumate Vehrenica memastikan langkahnya ke putaran dua setelah menumbangkan wakil tuan rumah Lalita Dahiya/Komal Antil dengan dua gim 21-14 dan 21-16.

(Baca: Cyntia/Debora melangkah ke putaran dua India Terbuka)

Indonesia sendiri masih menyisakan wakil-wakilnya yang akan berjuang lolos dari putaran pertama, yaitu Tommy Sugiarto di tunggal putra, Lyanny Alessandra Mainaky di tunggal putri.

Lalu pasangan Hafiz Faizal/Shela Devi Aulia di sektor ganda campuran, juga Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Berry Angriawan/Hardianto serta Hendra Setiawan yang kali ini berpasangan dengan Tan Boon Heong (Malaysia) di ganda putra.

Hingga berita ini ditulis, pasangan ganda campuran Edi Subaktiar/Gloria Emanuelle Widjaja sedang berjuang menghadapi pasangan ganda campuran Yogendran Khrisnan (Malaysia)/Prajakta Sawant (India) untuk mendapatkan tiket ke putaran dua.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017