Manado (ANTARA News) - Provinsi Sulawesi utara (Sulut) kembali mengekspor tepung kelapa sebanyak 13 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 23.635 dolar Amerika Serikat (AS) ke Norwegia pada bulan Maret 2017.

"Ekspor tepung kelapa ke Norwegia ini, dikarenakan permintaan yang cukup tinggi," kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, Rabu.

Ia engatakan pengiriman tepung kelapa ke Norwegia menunjukkan bahwa produk turunan kelapa ini makin diminati masyarakat dunia.

Ia menjelaskan tepung kelapa asal Sulut telah melewati serangkaian uji laboratorium, sehingga pasar internasional menerima produk tersebut.

"Pasar dunia tidak perlu khawatir karena produk Sulut dijamin halal," ujar dia pula.

Perluasan pasar tujuan ekspor tepung kelapa ke Norwegia semakin membuat produk ini dikenal masyarakat dunia, dan diharapkan akan semakin meningkat karena mampu meraup devisa yang cukup besar, katanya lagi.

Kerajaan Norwegia atau Kongeriket Norge (Noreg) dalam bahasa Norwegia, adalah sebuah negara Nordik di Semenanjung Skandinavia bagian ujung barat yang berbatasan dengan Swedia, Finlandia, dan Rusia.

(T.KR-NCY/A029)

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017