Pontianak (ANTARA News) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengimbau anggota legislatif yang ada di kabupaten itu untuk tidak asal mengeksekusi anggaran yang direncanakan oleh setiap SKPD yang ada, agar program di setiap SKPD bisa berjalan dengan baik.

"Dalam Musrenbang semua program pembangunan akan direncanakan dan disusun serta dilaksanakan masing-masing SKPD provinsi dan kabupaten/kota. Untuk itu diharapkan anggota legislatif baik provinsi dan kabupaten/kota untuk tidak asal mengeksekusi anggaran disetiap SKPD yang ada," kata Cornelis dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Prov Kalbar H Syarif Yusniarsyah pada acara Musrenbang Kayong Utara, di pendopo Bupati, Rabu.

Dijelaskannya, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RKPD) kabupaten/kota di Kalbar ditetapkan dalam Peraturan Daerah, dimana didalamnya terdapat berbagai prioritas dan sasaran pembangunan daerah yang akan dicapai pada Tahun 2018.

"Hal itu tentu disesuaikan dengan potensi, kondisi serta permasalahan masing-masing daerah, semuanya bertujuan untuk mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran, meningkatkan kualitas SDM dan pengembangan teknologi serta pertumbuhan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Untuk mengimplementasikan program prioritas pembangunan daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota selalu berkoordinasi, sinkronisasi dan bersinergi antar seluruh tingkat Pemerintahan, sehingga semua berjalan dengan baik, tidak menyalahi aturan serta perundang-undangan yang berlaku.

Berbagai program dan kegiatan pembangunan daerah yang perlu diintegrasikan dengan program dan kegiatan pembangunan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,supaya dikoordinasikan dengan kementerian /lembaga SKPD terkait dalam forum Musrenbang ini.

Pada kesempatan tersebut Yusriansyah juga menyampaikan pesan Gubernur Cornelis, diantaranya mengharapkan dan mengajak dan menghimbau kepada Forkompimda Kayong Utara dan seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah dan masyarakat mulai dari tingkat kelurahan dan desa perlu semakin meningkatkan upaya preventif guna mencegah dan menangkal gangguan keamanan sejak dini.

"Hal itu guna menjamin terciptanya kepastian dan penegakan hukum, keamanan dan ketertiban dalam rangka keamanan daerah di segala bidang," katanya.

Selain itu, dia juga mengimbau seluruh ASN Kayong Utara selalu bekerja dengan berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dasar hukum yang mengikat pada setiap tugas pokok dan fungsi masing-masing unit kerja.

"Saya harap para ASN untuk menjaga disiplin dan melakukan inovasi yang dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien, berdaya saing yang tinggi," kata Yusniarsyah.

Para ASN Kayong Utara diminta untuk meninggalkan paradigma lama dan kurang baik, merubah stigma negatif terhadap ASN menjadi hal hal yang membanggakan dan menjadikan ASN yang cerdas dan berakhlak mulia.

Selain itu Gubernur Cornelis berpesan, agar semua program pembangunan dapat memprioritaskan pembangunan yang berskala besar dan bermanfaat besar dan menyentuh kepentingan masyarakat.

(U.KR-RDO/Y008)

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017