Aden (ANTARA News) - Setidak-tidaknya empat terduga anggota al Qaeda tewas dalam serangan pesawat nirawak AS terhadap sebuah kendaraan di Yaman tengah, kata warga pada Rabu.

Serangan itu adalah bagian dari upaya meningkatkan perlawanan terhadap kelompok pemberontak.

Mereka mengatakan bahwa serangan di Amqoz, distrik Moudiya, provinsi Abyan, itu terjadi sekitar tengah malam pada Selasa. Kendaraan mereka terbakar dan terdapat empat mayat di dalamnya dalam keadaan hangus, tambah mereka.

Warga sekitar itu juga melaporkan bahwa mereka mendengar beberapa suara serangan peluru kendali atas tempat diduga pos al Qaeda di daerah Wadi al-Naseel, yang juga berada di provinsi Abyan, tetapi mereka tidak mengetahui jumlah korban secara pasti.

Abyan adalah salah satu dari beberapa provinsi di wilayah tengah dan selatan Yaman, yang ditempati oleh kelompok Al Qaeda Semenanjung Arab (AQAP) dan kelompok lokal yang tergabung dengan kelompok Ansar al-Sahria, sebagai wilayah operasi mereka.

Pada bulan ini, Amerika Serikat telah berulang kali melancarkan serangan terhadap pasukan AQAP, dengan menggunakan pesawat tempur maupun pesawat tak berawak.

AQAP memanfaatkan perang saudara di Yaman selama dua tahun belakangan untuk merekrut pengikut baru guna membangun dominasi kuat di bagian tengah dan selatan negara Arab.

Pentagon mengatakan bahwa serangan mereka pada 2 Maret terhadap AQAP berhasil membunuh Yasir al Silmi, yang juga dikenal sebagai Mohammed Tahar, bekas tahanan di pusat penahanan AS di Teluk Guantanamo, Kuba.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017