Jakarta (ANTARA News) - Senior Vice President, Product Strategy and Marketing Samsung Electronics America, Justin Denison, mengungkapkap fitur yang dihadirkan dalam Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+.

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ hadir dengan layar yang lebih luas berkat bezel yang lebih tipis. Galaxy S8 tampil dengan layar 5,8 inci, sementara Galaxy S8+ mengusung layar 6,2 inci.

"Bezel-less, memperluas layar tanpa mengorbankan pengalaman genggaman ponsel. Layar lebih luas, lebih banyak yang bisa dilakukan," kata Denison dalam peluncuran Samsung Galaxy S8 dan S8+ di New York, yang disiarkan secara live-streaming, Selasa (29/3).

Denison menjelaskan, Galaxy S generasi terbaru itu dilengkapi fitur multitask sehingga pengguna dapat browsing sekaligus membuka Facebook.

Didesain bezel-less, Galaxy S8 dan S8+ memiliki home button yang tidak kelihatan. Perangkat tersebut juga meluncur dalam lima pilihan warna yaitu Midnight Black, Orchid Gray, Coral Blue, Arctic Silver dan Maple Gold.

Baca juga: (Samsung resmi luncurkan Samsung Galaxy S8 dan S8+)

"Kamera kami didesain untuk mampu menangkap momen favorit. Dengan dual piksel sensor, perangkat tersebut bahkan melangkah lebih jauh untuk menangkap banyak foto," ujar Denison.

"Multi frame processor dapat mengurangi noise sehingga Anda dapat menanggap banyak gambar," sambung dia.

Galaxy S8 dan S8+ memiliki kamera deam dengan resolusi 8MP dan kamera belakang Dual Pixel 12MP. Perangkat tersebut juga dibekali sertifikasi IP68 sehingga memungkinkan pengguna mengambil gambar hingga 1,5 meter di bawah permukaan air selama 30 menit.

Untuk performa, Galaxy S8 dan Galaxy S8+ dipersenjatai prosesor 10nm octa-core dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, yang dapat berbeda di setiap negara.

Dua perangkat tersebut juga hadir dalam dua model pilihan SIM Card dan memori eksternal. Model pertama memiliki satu Nano SIM Card dan satu slot MicroSD hingga 256MB, sementara model kedua memiliki dua Nano SIM Card dan satu slot MicroSD hingga 256MB.

Baca juga: (Samsung Galaxy S8 gabungkan pemindai sidik jari, wajah dan mata)

Galaxy S8 dibekali baterai berkapasitas 3000mAh, sedangkan Galaxy S8+ dibekali baterai dengan kapasitas lebih besar yaitu 3500mAh.

"Keamanan baterai telah melewati 8 point baterai safety check, di atas standar keamanan baterai smartphone karena kami memiliki komitmen untuk menghadirkan produk yang aman," ujar Denison.

Masih dalam hal keamanan, selain password, Samsung juga menghadirkan identifikasi biometrik dengan pemindai iris mata dan yang terbaru face recognation atau pengenal wajah.

Meski demikian, Samsung masih menghadirkan opsi pemindai jari yang dipindahkan ke bagian belakang karena desain bezel-less.

Galaxy S8 dan Galaxy S8+ juga akan mendukung layanan Samsung Pay. Lebih dari itu, penggunaan Samsung Pay pada perangkat tersebut akan ditunjang dengan Samsung Pass yang memungkinkan pengguna tidak lagi menggunakan pin password tetapi juga fitur pemindai iris mata.

Selain itu, kedua perangkat tersebut juga hadir dengan fitur Samsung Health yang tidak hanya memapu mengukur kalori yang terbuang saat berolahraga, tetapi juga dapat menjadi partner dalam menjaga kesehatan.

Di Korea dan China, Samsung Health terhubung dengan dokter berada di lokasi pengguna secara online. Fitur ini, menurut Denison juga akan dibawa kepada para pengguna secara lebih luas.

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ akan tersedia di Amerika Serikat pada 21 April.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017