Washington (ANTARA News) - Venus Williams mengalahkan unggulan teratas Angelique Kerber pada Rabu untuk melaju ke semifinal Miami Terbuka, di mana ia akan berhadapan dengan petenis Britania Johanna Konta.

Petenis unggulan ke-11 asal AS Williams, yang mengincar gelar Miami keempatnya, selamat dari pertarungan panjang di set pertama sebelum ia melengkapi kemenangan 7-5, 6-3 atas petenis Jerman Kerber pada malam yang tenang di Florida selatan, lapor Reuters.

Konta, unggulan kesepuluh, bangkit dari situasi di ambang kekalahan untuk menaklukkan unggulan ketiga Simona Halep pada pertandingan tiga set yang berlangsung selama dua jam 30 menit.

Halep hanya mendapatkan dua poin dari kemenangan di set kedua, namun tidak mampu menjauhi lawannya, yang menaklukkan petenis Romania itu dengan skor akhir 3-6, 7-6(7), 6-2.

Williams (36), yang gelar Miami sebelumnya didapat pada 1998, 1999, dan 2001, akan bertemu Konta di semifinal, sedangkan unggulan kedua asal Ceko Karolina Pliskova akan berhadapan dengan unggulan ke-12 asal Denmark Carolina Wozniacki.

Williams, yang bermain di depan para penonton termasuk ayahnya sendiri Richard, memerlukan waktu hampir satu jam untuk memenangi set pertama dari Kerber, namun ia tidak memerlukan waktu selama itu pada set kedua.

Sementara itu, Halep menelan pil pahit setelah kalah dari Konta pada tiebreak set kedua.

"Ini merupakan pertandingan yang benar-benar berat," kata Halep kepada WTA. "Saya begitu dekat dengan kemenangan, saya hanya berjarak dua poin di tiebreak, namun ia bermain sangat kuat dan layak untuk menang."

Baca juga: (Pliskova tundukkan Lucic-Baroni untuk ke semifinal Miami Terbuka)

Meski menelan hasil ini, Halep merasa nyaman dengan penampilannya di turnamen ini di mana ia masih memulihkan diri dari cedera lutut.

"Saya senang dapat berada di sini setelah jeda yang saya dapatkan. Saya hanya kecewa kalah pada pertandingan yang semestinya saya kuasai. Namun kepercayaan diri saya ada di sini, permainannya ada di sini, saya hanya perlu memainkan pertandingan-pertandingan."

Komentar-komentar pasca pertandingannya lebih positif daripada komentar-komentar negatif terhadap pelatih Darren Cahill setelah set kedua.

"Itu adalah karakter saya," kata Halep kepada pelatihnya. "Dua double fault pada akhir tiebreak dan saya kehilangan semua bola."

Cahill mengatakan kepada Halep bahwa ia merupakan atlet yang lebih baik daripada Konta, memintanya membuat sang lawan banyak berlari pada set ketiga.

"Anda dapat mengabaikannya, namun saya tidak mengabaikan Anda," kata Cahill. "Ini terserah Anda. Ini datang bersamaan... untuk dapat berani pada momen-momen besar."

Namun Halep ditundukkan pada set terakhir, dan ia mengatakan setelahnya bahwa perselisihannya dengan Cahill merupakan hal yang biasa.

"Itu adalah kepribadian saya untuk keras pada diri sendiri. Saya ingin mengubahnya di masa yang akan datang. Saya dapat berkata bahwa saya lebih baik daripada sebelumnya, dan saya mengerjakannya."

(Uu.H-RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017