Jakarta (ANTARA News) - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Kartika Wirjoatmodjo menilai dua calon ketua dewan komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2017-2022 kredibel dan mempunyai rekam jejak yang baik.

"Kita lihat saja kebutuhan dari DPR yang sesuai dengan tantangan OJK sendiri yang mana, kalau saya melihatnya dua-duanya bagus," kata Kartika atau yang akrab disapa Tiko ditemui di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis.

Tiko berpendapat DPR perlu memetakan kebutuhan terkait dengan arah peranan OJK ke depan, misalnya apakah OJK akan membantu stabilitas makroekonomi dan moneter atau lebih fokus mengembangkan sektor ke perbankan.

Dia menilai dua calon ketua dewan komisioner OJK, Wimboh Santoso dan Sigit Pramono, mempunyai kelebihan sendiri masing-masing.

Tiko berpendapat Wimboh memiliki keahlian ke arah moneter dan kebijakan makro, sedangkan Sigit mempunyai kekuatan dalam pemahaman ke perbankan.

"Peran dewan komisioner beragam, kalau ketua dewan komisioner lebih ke atas, sehingga pemahaman mengenai makroprudensial dan moneter menjadi penting," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah memilih 14 nama calon anggota dewan komisioner OJK periode 2017-2022 yang akan mengikuti tahap uji kepatutan dan kelayakan di DPR.

(Baca: Ini 14 calon DK OJK yang dipilih Presiden Jokowi)

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2017