Gorontalo (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone Bolango melakukan uji kompetensi kepada calon-calon perangkat desa, dengan melakukan ujian tertulis tentang kemampuan menjalankan tugas pemerintahannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bone Bolango, Suleman Panigoro, Kamis, mengatakan tujuan dilaksanakannya seleksi tersebut untuk menjaring dan menyeleksi aparat desa yang benar-benar mampu menjabarkan dan memahami tugas dan fungsinya sebagai aparat desa.

Ujian ini diawali dengan calon perangkat desa seKecamatan Suwawa Selatan.

Lewat proses perekrutan maupun seleksi ini diharapkan akan memberi nuansa baru kepada seluruh aparat desa agar benar-benar bisa bekerja secara maksimal untuk menjadi pelayan masyarakat.

"Aparat yang benar-benar konsisten dan komitmen terhadap tugas dan fungsinya sebagai pemerintah di desa," ujar Suleman.

Selain itu, diharapkan melalui rekrutmen ini kualitas daripada aparat desa sudah terukur. Apalagi seleksinya tidak hanya tes tertulis, tapi juga setelah akan ada tes wawancara.

"Diharapkan lewat pelaksanaan seleksi ini akan lahir kader-kader aparat desa yang benar-benar berkualitas dan mampu melaksanakan tupoksinya sebagai aparatur yang bertanggungjawab," ujarnya.

Apalagi era sekarang dengan terbukanya arus informasi dan transformasi yang sangat luar biasa, karena semua serba berbasis sistem komputerisasi, berbasis IT maupun berbasis sistem apilkasi.

Olehnya, dibutuhkan aparat desa yang melek terhadap IT dan memiliki keterampilan serta kemampuan untuk mengoperasikan komputer dan sistem IT tersebut.

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017