Goncangannya cukup kuat, beberapa perabot bergoyang di dalam kantor dan sebagian staf sudah keluar gedung
Bengkulu (ANTARA News) - Gempa berkekuatan 5,1 pada skala Richter mengguncang Bengkulu dan sekitarnya pada Jumat (31/3) pukul 10:49 WIB dengan getaran yang cukup kuat dirasakan warga Kota Bengkulu.

"Getaran cukup kuat dirasakan warga Kota Bengkulu karena kedalaman pusat gempa hanya 16 kilometer di 78 kilometer barat daya Bengkulu," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu, Sudiyanto di Bengkulu, Jumat.

Sudiyanto mengatakan pusat gempa berada di titik 4.49 LS  102.16 BT sejauh 78 kilometer di Barat Daya, Bengkulu.

Gempa tersebut kata dia tidak berpotensi tsunami sehingga masyarakat yang bermukim di pesisir pantai Bengkulu tidak perlu panik.

Getaran gempa yang dirasakan cukup kuat di wilayah Kota Bengkulu membuat sejumlah warga berlari keluar rumah dan perkantoran.

"Goncangannya cukup kuat, beberapa perabot bergoyang di dalam kantor dan sebagian staf sudah keluar gedung," kata Jauhari, pegawai Kantor Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu di Jalan Mahoni, Kota Bengkulu.

Sehari sebelumnya, gempa berkekuatan 4,9 pada skala Richter juga mengguncang wilayah Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu dengan getaran yang cukup kuat dirasakan warga di Tais dan Kota Bengkulu.

Pusat gempa pada 4.34 LS 102.41 BT di laut sejauh 46 kilometer di Barat Daya Seluma pada kedalaman 34 kilometer.

Selain di Kota Bengkulu, getaran gempa juga dirasakan hingga ke Kabupaten Kepahiang, berjarak 55 kilometer dari Kota Bengkulu dan dirasakan oleh warga Liwa, Provinsi Lampung.

Pewarta: Helti Marini Sipayung
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017