Jakarta (ANTARA News) - Bunga Jelitha Ibrani, finalis dari DKI Jakarta 5 akhirnya dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2017 pada malam final yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat malam.

Bunga berhasil mengungguli dua pesaingnya, yakni wakil dari Nusa Tenggara Timur Karina Nadila dan Kevin Liliana dari Jawa Barat dalam babak tiga besar kontes kecantikan yang digelar kali ke-21 itu.

Dalam babak itu, Bunga dan dua finalis lainnya mendapatkan pertanyaan yang sama dari presenter Choky Sitohang, menyoal komitmen mereka menjaga perdamaian dunia jika nantinya terpilih menjadi Puteri Indonesia 2017 dan mewakili Indonesia dalam ajang ratu sejagat.

"Apapun tujuan kontes ratu sejagat, tujuan akhirnya adalah mendorong terciptanya perdamaian dunia. Jika Anda terpilih sebagai Puteri Indonesia 2017, dan mewakili Indonesia di forum tersebut, apa yang dapat Anda sarankan bagi terciptanya perdamaian dunia?," demikian pertanyaan yang diucapkan Choky.

Menjawab pertanyaan itu, Bunga menuturkan mengutamakan persamaan ketimbang membesar-besarkan perbedaan. Dia juga berencana bertemu wakil-wakil dari negara lain, untuk menjaga perdamaian dunia.

"Ajang ratu sejagat memang untuk menciptakan perdamaian dunia, dan juga mempererat persaudaraan antar negara. Kita harus mengutaman persamaan tanpa harus ada perbedaan," tutur Bunga.

"Dan jika saya diizinkan mewakili di ajang internasional, saya akan bertemu dengan wakil negara lain 80 negara, akan menjadi pengalaman luar biasa bagi saya dan juga bisa menjadikan diri saya lebih bijaksana," sambung dia.

Puteri Indonesia 2016, Kezia Roslin Cikita Warouw memberikan mahkota pada perempuan yang memiliki tinggi badan 180 sentimeter itu.

Gelar Runner Up I Puteri Indonesia Lingkungan diberikan pada finalis dari Jawa Barat, Kevin Liliana. Sementara gelar Runner Up II jatuh pada Karina Nadila dari Nusa Tenggara Timur.

Turut hadir dalam kontes pemilihan ke-21 itu Miss Universe 2016, Iris Mittenaere dan diramaikan penampilan pelantun "Bad Day" Daniel Powter sebagai pengisi acara bersama sederet penyanyi tanah air yakni Andien, band Ungu, Marcel Siahaan, Anji dan Cakra Khan.  

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017