Selasa, 30 Mei 2017

VIDEO -- Singgah ke rumah Mahatma Gandhi

| 8.589 Views
VIDEO -- Singgah ke rumah Mahatma Gandhi
Rumah yang pernah ditempati Mahatma Gandhi pada tahun 1917 hingga 1934 yang berlokasi di Laburnum Road No. 19, Gamdevi, Mumbai, India. ( ANTARA News/Try Reza Essra)
Mumbai (ANTARA News) - Mani Bhavan, sebuah bangunan di Jalan Laburnum No. 19, Gamdevi, Mumbai, menjadi kediaman Mahatma Gandhi di kota itu mulai tahun 1917 hingga 1934, sekaligus menjadi saksi bisu sejumlah peristiwa penting dalam hidup aktivis serta pemimpin gerakan politik dan spiritual India itu.

Dari informasi yang dikumpulkan ANTARA News saat berkunjung ke rumah yang didominasi cat berwarna coklat itu, Gandhi mempelajari banyak hal di sana mulai dari memintal hingga carding.

Salah satu peristiwa paling penting yang terjadi di rumah milik sahabatnya Shri Revashankar Jagjeevan Jhaveri tersebut, adalah saat Gandhi memprakarsai gerakan Satyagraha melawan Rowlatt Act dari penjajahan Inggris pada Maret 1919.

Gandhi juga mulai menerbitkan buletin mingguan tidak teregistrasi bernama Satyagrahi pada 7 April 1919 dengan tekad melawan Indian Press Act, serta sederetan peristiwa penting lainnya.

Bangunan yang resmi didedikasikan untuk mengenang Mahatma Gandhi pada 1955 itu menampilkan banyak hal tentang dia, antara lain foto-foto perjalanannya, barang-barang yang pernah dipakainya serta buku-buku mengenai kisah maupun pemikiriannya.

Rumah tersebut bisa didatangi setiap hari pada pukul 09.30 hingga 18.00, dan tidak perlu tiket masuk karena pengunjung hanya perlu menyampaikan donasi seikhlasnya.

Berikut video singkatnya:


Editor: Priyambodo RH

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Berita Lainnya
Komentar Pembaca
Baca Juga