Jakarta (ANTARA News) - Penyalaan serentak sebanyak 99 "fruit flambe" oleh mahasiswa Universitas Podomoro berhasil memecahkan rekor dunia.

"Ini merupakan rekor pertama di dunia dan akan tercata sebagai pemecahan rekor dunia," ujar Ketua Umum Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jaya Suprana, di Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan awalnya pihaknya menargetkan peristiwa tersebut sebagai rekor Indonesia namun berhasil menjadi rekor dunia karena merupakan peristiwa pertama di dunia.

"Fruit Flambe" merupakan sejenis minuman cocktail yang menggunakan bahan baku buah-buahan bertekstur keras yang dicampur dengan alkohol tinggi dan kemudian dibakar. Jilatan api tersebut melumat buah-buahan yang ada di dalam gelas itu. Peristiwa pemecahan rekor itu dilakukan di Jakarta, Jumat.

Buah yang digunakan adalah buah dengan tekstul agak keras yang kemudian bumbunya diracik khas Asia yakni cengkeh, bunga lawang dan kayu manis.

Rektor Universitas Podomoro, Cosmas Batubara, mengatakan pihaknya menggunakan berbagai buah yang diimpor langsung dari Victoria, Australia seperti plum, nectarine, peach, dan almond yang diimpor langsung dari Victoria, Australia.

"Kami memang bekerja sama dengan pemerintah Victoria," kata Cosmas.

Cosmas mengatakan sangat mendukung program tersebut karena bisa memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membangkitkan kreativitas dalam kreasi pengolahan buah.

Menurut dia, kreativitas mahasiswa sangat penting dalam proses pembelajaran dan melihat peluang pengembangan produk.

Mahasiswa yang ikut serta dalam kompetisi itu berasal dari berbagai program studi yakni kewirausahaan, akuntansi dan hukum bisnis.

(I025)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017