Temanggung (ANTARA News) - Sejumlah siswa kelas XII SMK Swadaya Temanggung, Jawa Tengah, membagikan ratusan paket sembako menjelang pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada 3-6 April 2017.

Wakil Kepala SMK Swadaya, Humam Sabroni di Temanggung, Sabtu, mengatakan sasaran pembagian sembako, antara lain juru parkir, pedagang kaki lima, kuli bangunan, pedagang pasar, pengemis, hingga para tuna wisma.

"Dalam kegiatan bakti sosial ini kami mengajak seluruh siswa kelas XII yang sebentar lagi akan menghadapi UNBK untuk berkeliling membagi-bagikan paket sembako kepada mereka yang kurang beruntung," katanya.

Ia mengatakan bakti sosial kali ini juga sebagai wujud meminta doa restu kepada seluruh masyarakat agar dalam pelaksanaan UNBK nanti mendapat hasil yang memuaskan, lancar dalam mengerjakan soal, lulus 100 persen, dan sekaligus diberi kemudahan dalam mencari pekerjaan.

Ia menuturkan paket sembako yang dibagikan berisi minyak goreng, gula pasir, beras, dan mi instan senilai Rp 50.000.

Menurut dia dana yang digunakan untuk membeli seluruh paket sembako tersebut merupakan hasil iuran para siswa kelas XII selama satu tahun terakhir.

"Kami sengaja mengajarkan kepada mereka untuk rajin menyisihkan uang saku agar dapat berbagi kepada mereka yang kurang mampu setiap tahunnya. Semoga bermanfaat dan meringankan beban bagi penerima," katanya.

Seorang pedagang makanan yang mendapat bingkisan sembako, Amroni (36) menyampaikan terima kasih dan merasa bangga atas apa yang dilakukan oleh pelajar SMK Swadaya.

Menurut dia bingkisan tersebut memiliki arti besar bagi warga yang memang memiliki penghasilan pas-pasan.

(H018/B015)

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017