Jambi (ANTARA News) - Gubernur Jambi Zumi Zola Zulkifli mengatakan peralatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk sekolah di wilayahnya secara bertahap akan dilengkapi dalam menunjang kelancaran pelaksanaan ujian.

Hal tersebut dikatakannya usai meninjau SMKN 4 Kota Jambi, Senin pagi sebelum UNBK tingkat SMK berlangsung.

Zola menjelaskan, sebagian sekolah di Jambi tahun ini sudah melaksanakan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang disebut dengan Computer Besed Test (CBT).

"Berdasarkan peninjauan di SMK Negeri 4 Kota Jambi, sekolah ini termasuk sekolah yang telah siap UNBK, dengan catatan peralatan walaupun masih ada kekurangan, tetapi sudah tergolong sudah siap," katanya.

Dikatakannya, peralatan yang dibutuhkan sekolah memang cukup banyak. Namun secara bertahap Pemprov Jambi akan mengevaluasi semua kebutuhan sekolah dan akan dikonsultasikan dengan pemerintah pusat, seperti jumlah laptop yang masih banyak kekurangan.

Dijelaskannya, untuk menjamin mutu dan kualitas anak didik di sekolah dalam pelaksanaan UN, setiap ruangan juga dipasang CCTV.

"Untuk internet di sekolah kita juga telah bekerja sama dengan Telkomsel, yang kita sangsikan sewaktu ujian berlangsung listrik mati, untuk itu kita mengimbau semua pihak ikut membantu agar pelaksanaan UNBK terlaksana sesuai dengan rencana, termasuk PLN. Di samping itu sekolah juga harus menyediakan genset," katanya menjelaskan.

Dia juga mengimbau sekolah yang berada di kabupaten/kota di Provinsi Jambi ke depan untuk secara bertahap mempersiapkan peralatan UNBK berdasarkan evaluasi pelaksanaan UN yang saat ini sedang digelar.

"Kita sangat memahami, tidak mungkin semua sekolah siap seratus persen dalam menghadapi UNBK ini, karena peralatannya cukup banyak yang harus kita persiapkan, sudah tentu secara bertahap. Setelah UN dilaksanakan nanti kita akan evaluasi semua sekolah dan akan kita konsultasikan dengan pemerintah pusat," katanya.

"Saya berharap sekolah yang melaksanakan UNBK tahun depan lebih banyak lagi karena lebih baik dan praktis," katanya menambahkan.

Seperti diketahui, di Provinsi Jambi berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, siswa SMK yang mengikuti UN mulai hari ini 3-6 April sebanyak 13.189 orang.

Dari jumlah itu, peserta UNBK SMK sebanyak 11.735 orang dengan 89 sekolah penyelanggara dan peserta Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) sebanyak 1.454 orang dengan 32 sekolah penyelenggara.

Sementara untuk jadwal UNBK SMA/MA akan dilaksanakan pada 10-13 April 2017. Selanjutnya UNBK tingkat SMP/MTs, akan dilaksanakan sebanyak dua gelombang. Gelombang pertama pada 2-4 dan 15 Mei 2017 dan gelombang ke dua dilaksanakan pada 8-10 dan 16 Mei 2017.

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017