Jakarta (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengembangkan "Generasi Zakat Baznas-Universitas Islam Asy syafiiyah (Baznas-UIA)", yaitu gerakan zakat bagi mahasiswa.

Wakil Ketua Baznas Zainulbahar Noor di Jakarta, Rabu mengatakan pihaknya memberikan bantuan berupa satu unit ambulans dengan fasilitas gawat darurat lengkap, bantuan beasiswa dan meresmikan Unit Pengumpul Zakat Baznas-UIA.

Dia mengatakan intervensi Baznas itu sebagai upaya menggairahkan penghimpunan dan syiar zakat di lingkungan kampus yang ada di Bekasi, Jawa Barat, tersebut. Pengembangan gerakan zakat pada kalangan usia muda diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai syariah zakat dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, kata dia, program itu agar dapat menjadi wadah syiar kepada generasi muda lainnya untuk turut mengembangkan karakter peduli berbasis keimanan yang kokoh.

Pada kesempatan itu, sebanyak 100 mahasiswa dilantik menjadi "Generasi Zakat Baznas-UIA" pada acara penyerahan bantuan ambulans dan beasiswa di kampus tersebut.

Kampus Asy syafiiyah sendiri memiliki 200 karyawan dan dosen dengan potensi penghimpunan zakat sekitar Rp20 juta tiap bulan.

Baznas juga memberikan bantuan bagi mahasiswa, yaitu pelunasan SPP semester ganjil tahun akademik 2016/2017 kepada 94 mahasiswa dari keluarga tidak mampu. Mahasiswa berasal dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Fakultas Ilmu Kesehatan dan Akademi Keperawatan. Total bantuan pelunasan tunggakan tersebut sebesar Rp376.000.000.

Universitas Islam Asy Syafiiyah merupakan perguruan tinggi bernafaskan Islam yang mempunyai tugas dan tanggung jawab besar dalam menjalankan misi pendidikan.

(Baca juga: 7.500 santri dapat bantuan Baznas Yogyakarta)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017