Jakarta (ANTARA News) - Atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto dan pasangan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memastikan tiket putaran dua turnamen Malaysia Terbuka 2017.

Dipantau dari laman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) di Jakarta, Rabu, Tommy sukses melaju ke putaran dua setelah sukses menggulung wakil Jerman Marc Zwiebler 21-13, 21-9.

Setelah tertinggal 1-4 di awal gim pertama, Tommy langsung bisa mengumpulkan tujuh angka berturut-turut dan tidak bisa lagi terkejar oleh Zwiebler hingga akhir gim pertama itu.

Berbekal kemenangan di gim pembuka, kepercayaan diri Tommy meningkat dan langsung tancap gas untuk mendulang poin meninggalkan Zwiebler tanpa sekalipun disusul ataupun hanya disamakan oleh wakil Jerman itu untuk memastikan kemenangannya.

Setali tiga uang dengan Tommy Sugiarto, pasangan Indonesia berperingkat nomor wahid dunia, Marcus/Kevin, juga berhasil mendapatkan kemenangan dengan dua gim langsung 21-9, 21-19 atas duet Jepang Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Setelah tertinggal 1-4 di gim pertama, Marcus/Kevin mampu membalas dengan mengumpulkan lima angka berturut-turut, akan tetapi perolehan poin mereka mampu kembali disamakan jadi 6-6 oleh Hoki/Kobayashi.

Namun tidak butuh waktu lama bagi duet "penyihir raket dari Indonesia" untuk kembali meninggalkan poin pasangan Jepang hingga memenangkan gim pembuka dengan selisih 12 angka.

Seakan tidak mau mengulangi kesalahan di gim pembuka, pasangan Jepang langsung tancap gas di awal gim kedua, meninggalkan duet Indonesia 3-0.

Marcus/Kevin tidak membiarkannya dengan berusaha mengejar perolehan poin Hoki/Kobayashi, namun mereka hanya bisa menyamakan kedudukan 4-4, 5-5, 6-6, tanpa bisa menyalipnya.

Angin segar bagi pasangan Indonesia terjadi ketika dalam keadaan tertinggal 14-16, mereka berhasil menyamakan kedudukan, bahkan menyalip poin duet Jepang 18-16.

Namun pasangan Jepang tidak mau menyerah begitu saja dan mampu kembali menyamakan kedudukan dengan mencetak dua poin berturut-turut, beruntung pasangan Indonesia berhasil menjaga ritme dan mencapai angka 21 terlebih dahulu untuk memenangkan pertandingan dalam waktu 24 menit itu.

Di putaran dua turnamen berlevel superseries premier itu, Tommy Sugiarto akan menantang unggulan lima asal Korea Selatan, Son Wan Ho yang di putaran awal menumbangkan wakil Jepang Takuma Ueda 21-12, 21-17.

Pertandingan tersebut merupakan pertemuan keenam dua pebulu tangkis itu, dengan tiga kemenangan berada di pihak wakil Korea Selatan, berbanding dua hasil positif berada di sisi Tommy.

Sementara itu di putaran dua nomor ganda, pasangan Marcus/Kevin akan menghadapi untuk pertama kalinya duet China Liu Cheng/Zhang Nan yang mengalahkan duet Taiwan Lee Sheng Mu/Tsai Chia Hsin 21-15, 21-14 di putaran pertama.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017